Sukses

Roti Bagi Penderita Maag

16 Mar 2021, 18:02 WIB
Wanita, 21 tahun.

dok, saya punya maag. sekitar 3 tahun lalu saya pernah sakit lambung berminggu-minggu, terparah dalam hidup saya. tapi ga sampa tahap yang lambung luka atau gimana kok. saya masih bisa sembuh. dan sejak itu memang saya selalu rajin makan walau sedikit. tapi dok, akhir-akhir ini saya selalu sarapan dengan roti karena utk penghematan. tapi saat makan siang dan malam saya makan nasi kok. jadi, menurut dokter aman ga untuk lambung saya kalau saya sarapan dengan roti bantal + selai + teh manis hangat?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Pada dasarnya peningkatan asam lambug dapat terjadi akibat telat makan, stress maupun makan makanan yang memicu peningkatan asam lambung berlebihan. Berkut makanan yang dapat memperparah maag Anda.

1. Makanan yang banyak mengandung gas

Hindari makan makanan yang dapat menghasilkan gas berlebih seperti lemak hewani, sawi, kol, nangka, pisang ambon, makanan yang dikeringkan dan bersoda.

2. Makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung seperti kopi dan minuman beralkohol

3. Makanan yang sulit dicerna seperti makanan berlemak, kue tart dan keju dapat membuat pengosongan lambung lebih lambat.

4. Makanan yang dapat merusak dinding lambung sebaiknya dihindari bagi penderita maag seperti cuka, pedas, merica serta bumbu kuat dan asam

5. Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah seperti alkohol, coklat, makanan tinggi lemak dan gorengan

Roti tidak dilarang bagi penderita maag. Tapi, ada baiknya jika Anda mengonsumsi roti gandum karena lebih aman bagi lambung. Hindari roti yang mengandung ragi karena dapat meningkatkan asam lambung.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar