Sukses

Gerakan janin berkurang dan nyeri perut

13 Mar 2021, 20:54 WIB
Wanita, 27 tahun.

saya sedang hamil usia kandungan saya 26 week ini saya merasa gerakkan janin berkurang dan nyeri di kemaluan perut terasa begah sulit bernafas mhon infonya

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Janin juga seperti layaknya manusia dewasa, ia beraktivitas, butuh nutrisi, dan butuh tidur setiap harinya. Gerakan janin dapat dirasakan pada usia kehamilan 15 minggu keatas, umumnya mungkin hanya gerakan-gerakan lembut yang lama kelamaan akan menjadi lebih kuat.Sampai pada usia kehamilan 28 minggu, gerakan janin belum terlalu bermakna, dalam artian belum dapat menjadi indikator kesehatan seperti layaknya trimester terakhir. Gerakan janin mulai teratur pada usia kehamilan lebih dari 28 minggu. Pada kehamilan trimester ini, karena janin yang belum terlalu besar dan cairan ketuban yang banyak maka janin dapat bergerak cukup aktif bahkan dapat berputar-putar dalam rahim.

Namun terkait adanya keluhan lain yaitu nyeri perut dan sulit bernafas, sebaiknya Anda periksakan diri lebih lanjut untuk dievaluasi apakah ada masalah yang perlu ditindak lebih lanjut.

Baca juga

Waspada, Ini Penyebab Gerakan Janin Berkurang pada Ibu Hamil 

8 Tips Mengatasi Perut Kembung pada Ibu Hamil

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar