Sukses

Infeksi Telinga

15 Mar 2021, 22:27 WIB
Wanita, 17 tahun.

pagi dokter, saya mau bertanya. Telinga saya infeksi kaya keluar cairan gitu, udah di bawa ke dokter tapi tetep kaya timbul hilang gitu. sama dokternya cuma dikasi eardrop doang. apakah ada obat sampingan lain gitu buat proses penyembuhannya ? semisal antibiotik atau apa gitu ? terima kasih. saolnya ini rasanya agak pengang kaya telinganya penuh sebelah :(

Terima kasih telah bertanya seputar infeksi telinga melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda akan apa yang Anda rasakan. Sudah berapa lama keluhan ini Anda alami? Apakah pernah ada keluhan keluar cairan dari telinga sebelumnya?

Penyebab yang tersering adalah adanya infeksi di liang telinga bagian luar atau liang telinga bagian tengah. Umumnya keluhan ini disertai dengan keluarnya cairan dari telinga, Infeksi di telinga tidak harus selalu disertai dengan demam. Bila infeksi terjadi di liang telinga bagian tengah, hal tersebut dapat disertai dengan robeknya membran timpani (atau secara awam, dikenal dengan pecahnya gendang telinga).

Proses penyembuhannya bermacam-macam tergantung seberapa besar dan dalam infeksinya. Serta cara pemberian obat telinga sudah benar atau belum.

Informasi yang Anda sampaikan tidak cukup untuk memastikan diagnosis dari apa yang Anda alami. Anda perlu berkonsultasi dan diperiksa langsung oleh dokter ahli THT untuk memastikan penyebab, diagnosis, dan penanganan yang tepat. Bila benar Anda mengalami infeksi telinga, setidaknya dokter akan memberikan antibiotik dan tindakan pencucian telinga, serta tindakan lainnya yang diperlukan. Apa yang Anda alami kemungkinan besar merupakan hal yang cukup serius dan membutuhkan penanganan segera supaya tidak menyebabkan kerusakan permanen pada telinga Anda. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasi dengan dokter ahli THT dilakukan segera.

 Berikut kami sertakan artikel lain sebagai bahan bacaan Anda yang lain.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar