Sukses

Menghitung masa subur siklus haid tidak teratur

15 Mar 2021, 18:44 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dok saya mens tgl 17-22 Januari 2021, kemudian Februari saya gak mens. Mens lagi tgl 3 Maret. Untuk perhitungan masa subur saya tanggal berapa ya dok, yg baik utk berhubungan

Terima kasih telah bertanya seputar menghitung masa subur pada siklus haid tidak teratur melalui fitur Tanya Dokter.

Beberapa panduan berikut bisa jadi petunjuk cara menghitung masa subur haid tidak teratur. 

Catat Siklus Haid Selama 6-12 Bulan Berturut-turut

Jika siklus haid tidak teratur, Anda harus lebih disiplin dalam mencatat siklus tersebut. Anda harus mencatat tanggal dimulai dan tanggal berakhirnya haid, setidaknya selama enam siklus haid berturut-turut. Dengan mencatat, Anda dapat menunjukkannya kepada dokter saat pemeriksaan. Nantinya dokter bisa melihat pola haid Anda. Dari sini, dokter bisa membantu Anda memperkirakan kapan masa subur terjadi. 

Perhatikan Lendir Serviks

Setelah haid selesai, tak lama kemudian serviks (mulut rahim) akan mengeluarkan lendir jernih dan tak berbau. Lendir ini sering dikenal dengan keputihan yang normal. Lendir tersebut bisa terlihat kental dan hanya sedikit, tapi bisa pula terlihat agak encer dan berjumlah lebih banyak.

Masa subur ditandai dengan lendir serviks yang agak encer dan konsistensinya mirip dengan putih telur. Lendir serviks yang seperti ini akan mempermudah sperma untuk masuk ke dalam rahim dan membuahi sel telur.

Ukur Suhu Basal Tubuh

Suhu tubuh sepanjang hari bersifat fluktuatif. Suhu basal tubuh merupakan suhu tubuh yang diukur pada pagi hari saat baru bangun tidur. Cara terbaik untuk mengukurnya adalah dengan menggunakan termometer, yang pengukurannya dilakukan di mulut.

Catatlah suhu basal tubuh setiap pagi. Saat ovulasi terjadi, suhu basal tubuh akan meningkat 0,5-1 derajat Celcius dibandingkan dengan suhu basal pada hari-hari sebelumnya.

Jika Anda dan pasangan berencana untuk memiliki anak, saat suhu basal tubuh meningkat, sebaiknya lakukan hubungan seksual.

Gunakan Alat untuk Mendeteksi Ovulas

iCara lain untuk mendeteksi masa subur adalah dengan menggunakan alat pengecek ovulasi dengan menggunakan urine. Alat ini sangat mirip bentuknya dengan test pack, demikian pula cara kerjanya.

Jika test pack mendeteksi adanya hormon beta human chorionic gonadotrophin (b-HCG) di urine, alat deteksi ovulasi akan mendeteksi adanya luteinizing hormone (LH) dalam kadar yang tinggi di urine.

Hormon LH akan meningkat drastis jumlahnya pada 24-48 jam menjelang ovulasi. Jadi, saat alat deteksi ovulasi menunjukkan hasil positif, kemungkinan besar dalam 24-48 jam ke depan masa subur terjadi.

Alat tes ovulasi ini diketahui akurat dan mudah untuk membantu menentukan masa subur. Namun, dibandingkan dengan metode penentuan masa subur lainnya, Anda harus mengeluarkan biaya untuk membeli strip pemeriksaan pada metode ini.

 

Berikut kami sertakan artikel lain sebagai bahan lain bacaan Anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

2 Komentar

  • Tia****

    dok kmrin saya mens tgl 25-28april 2021 kemudia sya mens Lgi tgl 24 mei 2021 untk perhitunggan Masa Subur saya tgl brp ya Dok, yg Baik untk berhubunggan.

  • Bah****

    Dok bagaimana cara menghitung masa subur tidak teratur