Sukses

Mata Melibat Kabut dan Ada Pelangi

15 Mar 2021, 16:56 WIB
Pria, 36 tahun.

Siang Dok, mata kiri saya pandangan menjadi berkabut dan jika melihat sumber cahaya (lampu) di sekitarnya muncul lingkaran pelangi. Gangguan saya rasakan sejak hari Sabtu 13/3/21 setelah beberapa hari sebelumnya saya maraton liat film di handphone. Mohon bantuan penjelasannya.

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai penglihatan terlihat kabut dan pelangi melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Untuk mendiagnosis keluhan mata sebaiknya diperlukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang. Mata berasap atau berkabut dapat disebabkan oleh katarak. Katarak adalah setiap keadaan kekeruhan pada lensa yang dapat terjadi akibat penambahan cairan di lensa, pemecahan protein lensa, atau kedua-duanya.Katarak merupakan penyebab kebutaan utama yang dapat diobati di dunia pada saat ini. Sebagian besar katarak timbul pada usia tua sebagai akibat pajanan terus menerus terhadap pengaruh lingkungan dan pengaruh lainnya seperti merokok, radiasi ultraviolet, dan peningkatan kadar gula darah. Katarak ini disebut sebagai katarak senilis (katarak terkait usia). Sejumlah kecil berhubungan dengan penyakit mata (glaukoma, ablasi, retinitis pigmentosa, trauma, uveitis, miopia tinggi, pengobatan tetes mata steroid, tumor intraokular) atau penyakit sistemik spesifik (diabetes, galaktosemia, hipokalsemia, steroid atau klorpromazin sistemik, rubela kongenital, distrofi miotonik, dermatitis atopik, sindrom Down, katarak turunan, radiasi sinar X).

Melihat ada lingkaran cahaya seperti pelangi pada sekitar lampu dapat saja disebabkan oleh adanya gangguan refraksi mata. Hal tersebut dapat terjadi pada penderita glaukoma (peningkatan tekanan bola mata), edema kornea, katarak. Namun untuk memastikan penyebab dari keluhan Anda, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis mata agar dokter dapat mendiagnosis dan memberikan terapi yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai penglihatan terlihat kabut dan pelangi. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar