Sukses

Benjolan di bawah dagu

13 Mar 2021, 20:53 WIB
Pria, 13 tahun.

Halo dokter selamat sore mautanya saya punya benjolan kerah di bawah dagu apakah berbahaya dok

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdr

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ijinkan kami mengajukan beberapa pertanyaan. Dibagian mana lebih tepatnya lokasi benjolan tersebut? apakah ukurannya semakin membesar ? apakah bisa digerakkan ? apakah ada keluhan nyeri? Adakah perubahan kuilt atau organ lain disekitarnya? Adakah gejala lain yang menyertai; demam, batuk, nyeri menelan, atau keluhan lainnya?

Penyebab benjolan dibawah dagu banyak penyebabnya, mulai dari kelaina pada kulit, bentuk tumor kulit dapat jinak maupun ganas, jaringan lemak dibawahnya, kelainan pada otot, atau struktur disekitarnya seperti kelenjar getah bening atau kemungkinan lainnya. Salah satu penyebab benjolan di bawah dagu yang tersering adalah pembesaran kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid dapat membesar pada kondisi hipertiroid maupun hipotiroid. Ciri-cirinya adalah benjolan ikut bergerak ketika Anda membuat gerakan menelan.

Sedangkan pembesaran kelenjar getah bening umumnya berlokasi di bawah dagu (area leher) cenderung lebih besar dalam ukuran, biasanya nyeri bila dipegang, dapat disertai kemerahan juga. Pembesaran kelenjar getah bening di daerah leher, belakang telinga yang seringkali disebabkan oleh infeksi atau radang. Jika infeksi di sekitar daerah leher sudah teratasi maka pembesaran kelenjar getah bening biasanya juga ikut mengempis. Kelenjar getah bening memang terdiri dari sel-sel imunitas yang melakukan perlawanan terhadap infeksi atau radang, sehingga bila terjadi infeksi maka kelenjar getah bening cenderung membesar.

Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter terdekat agar dapat dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan untuk mendiagnosis benjolan tersebut. 

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdr dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar