Sukses

FIbroadenoma Mammae

14 Mar 2021, 09:01 WIB
Wanita, 45 tahun.

Anak saya usia 12 tahun (P), Minggu kemarin baru selesai operasi payudara tumor jinak (FAM), hasil USG ukuran massa nya panjang ; 12 cm, 5 cm, dan sekarang masih pemulihan dan kontrol dokter. Yang saya tanyakan : 1. Apa penyebab umum munculnya FAM mengingat anak saya usia 12 tahun? saya cari2 informasi kebanyakan sumber menyatakan bahwa FAM menyerang usia antara 15-30 tahun. 2. Pasca pengangkatan FAM ini, apa yang harus saya lakukan (pola hidup, pengobatan, perawatan, dll) agar FAM ini tidak muncul lagi ? 3. Karena pernah pengidap FAM, apakah kemungkinan lebih mudah muncul lagi FAM ? sekian atas jawaban dan tanggapannya sblmnya saya ucapkan terimakasih.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kelainan payudara yang umum pada wanita muda adalah fibroadenoma mamae. FAM  (Fibroadenomamammae) merupakan kasus terbanyak pada tumor payudara. Kejadiannya dapat berbentuk tunggal atau banyak pada satu payudara atau kedua payudara. Karakter FAM antara lain teraba, padat, kenyal, dapat digerakkan dari jaringan sekitarnya (mobile), bentuk bulat, lonjong, berbatas tegas, tidak nyeri, kuit payudara di atasnya tidak berubah, pertumbuhan lambat dan tidak menyebar seperti kanker payudara.

FAM merupakan suatu tumor jinak pada payudara dimana penyebabnya belum secara pasti diketahui. Namun benjolan FAM dapat membesar dengan dipengaruhi oleh hormon. Sehingga selama dalam masa reproduktif (belum menopause) FAM dapat tumbuh kembali. FAM biasanya muncul di usia remaja, untuk itu usia anak Anda bisa saja sudah termasuk. Oleh karena itu, terkadang FAM akan menjadi besar saat sedang siklus menstruasi, kehamilan atau sedang menyusui. Pemeriksaan secara pasti dapat dilakukan dengan pemeriksaan mamografi atau biopsi.

FAM tidak ada resiko untuk menjadi kanker. Beberapa hal dikatakan dapat mencegah perkembangan FAM dengan banyak mengkonsumsi sayur dan buah (demi memperoleh antioksidan), dan olahraga teratur, dan menjauhi asap rokok. Jadi sebaiknya jaga hidup sehat dan lakukan pemeriksaan payudara secara rutin.

Baca juga:

Cara Bedakan Benjolan Tumor dan Kanker pada Payudara

Beda Benjolan Tumor dan Kanker di Payudara

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar