Sukses

Penyakit TB dan Merokok

14 Mar 2021, 09:01 WIB
Pria, 21 tahun.

Assalamualaikum dok, mau tanya kalau orang yg dinyatakan sudah sembuh dari TB usus boleh merokok ?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sesungguhnya, kaitan rokok dan TB yang paling banyak diteliti adalah seputar TB paru.

Memang belum ditemukan jawaban pasti kaitan antara penyakit TBC dan Merokok (aktif maupun pasif) dari penelitian medis. Namun dicurigai kebiasaan merokok, berkaitan dengan angka kematian yang tinggi pada penderita TBC. Kebiasaan merokok meningkatkan mortalitas akibat TBC sebesar 2,8 kali.

Racun yang terkandung dalam rokok dapat membuat kerusakan pada mekanisme pertahan paru dan jaringan paru itu sendiri. Sebagai akibatnya, ketika paru terpapar benda asing, termasuk kuman penyakit, membuat paru lebih rentan untuk terserang dan tidak mampu melawan penyakit.

Sedangkan bila penyakit TBC sudah terlebih dahulu menyerang, adanya asap rokok yang masuk kedalam paru, menjadikan proses perbaikan jaringan terganggu hingga terhambat sehingga angka kesembuhan menjadi lebih rendah.

Meskipun yang Anda alami adalah TB usus, tetap saja merokok adalah perilaku yang sangat berisiko untuk kesehatan. Kandungan rokok sudah jelas dapat menyebabkan kanker paru, kanker lidah, serta kerusakan pembuluh darah kecil. Selain itu, zat karbon monoksida dari rokok menyebabkan sel darah merah sulit mengikat oksigen, sehingga oksigenasi jaringan seluruh tubuh juga bisa memburuk. Untuk itu, sekalipun jenis TB yang Anda alami adalah TB usus, sebaiknya tetap menghindari rokok.

Baca juga:

Seputar TB Usus

Penyakit Mematikan yang Dipicu oleh Rokok

Merokok Meningkatkan Risiko Penyakit Stroke, Benarkah?

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar