Sukses

Paska patah tulang

13 Mar 2021, 20:52 WIB
Pria, 16 tahun.

Dok, Sya pernah patah tulang sekitar 1 tahun lalu di tangan kanan patah L, Nah sekarang udah sembuh total, Tapi kok gak bisa posisi push up (menapakan tangan ke lantai) seperti ada keganjel, Apakah itu masih bisa disembuhkan atau bisa dengan sendirinya dok?

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdr

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Pada dasarnya cedera pada tulang dan sendi termasuk patah tulang cukup sering menyebabkan rasa kaku setelah proses penyembuhan. 

Pada proses penyembuhan patah tulang akan terjadi pembentukan jaringan tulang baru untuk menyambung tulang yang patah sehingga terkadang dapat menyebabkan kekakuan. Selain itu, saat terjadi patah tulang, jaringan di sekitar tulang seperti otot, jaringan pengikat, dan sendiri juga dapat terlibat dan mengelami peradangan, Pada saat proses penyembuhan dapat terjadi pembentukan jaringan skar di dalam yang tidak terlihat mata. Ini juga merupakan salah satu kemungkinan penyebab kekakuan pasca penyembuhan patah tulang. Untuk mengurangi kekakuan tersebut, anda dapat mencoba melakukan fisioterapi atau berkonsultasi dengan dokter spesialis rehab medik. Memang seharusnya terapi ini anda lakukan segera setelah sembuh. Namun demikian, tidak ada salahnya untuk mencoba berkonsultasi langsung terlebih dahulu dengan dokter spesialis rehab medik untuk mendiskusikan kemungkinan penyembuhan.

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdr dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar