Sukses

Seputar Keluhan yang Dialami

14 Mar 2021, 17:52 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok kenapa saya sering merasakan dingin,uluh hati berdebat kencang tensi naik dan tidak bisa tidur sepanjang malam,sudah rekam janting namun hasilnya bagus

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Apakah mungkin yang dimaksud sering berdebar itu di daerah dada? Jika dada berdebar bisa banyak sebabnya, bisa karena masalah gangguan kecemasan, stress, maupun memang masalah jantung. Mengingat hasil rekam jantung normal kemungkinan besar masalah jantung bisa disingkarkan dan bisa mengarah ke masalah gangguan kecemasan.

Mungkin maksud Anda daerah ulu hati tidak nyaman, nyeri atau terasa begah. Jika demikian bisa mengarah ke arah masalah maag. 

Maag atau di dalam dunia kedokteran disebut dengan gastritis, yaitu peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Umumnya maag akan menimbulkan gejala nyeri ulu hati, atau perut kiri atas, mual, kembung, dan muntah. Apabila keluhan menjadi nyeri dada, dada terasa panas, dan mulut terasa pahit/asam, maka mungkin saja itu bukan maag namun penyakit Refluks Gastroesofageal (GERD) yang terjadi akibat naiknya cairan lambung ke kerongkongan. Hal ini disebabkan klep antara lambung dan kerongkongan tidak berfungsi dengan baik.

Kondisi stres atau cemas dapat menyebabkan kenaikan produksi asam lambung dimana hal ini tentu saja dapat menambah keluhan dari maag atau GERD yang dirasa.

Bila benar anda terkena maag, maka selain pengobatan oleh dokter maka anda juga harus melakukan perubahan pola hidup seperti jangan sampai telat makan/usahakan makan teratur,makan sedikit-sedikit tetapi sering,hindari konsumsi makanan pedas,asam,alkohol,rokok,kafein dan hindari stress. Selain itu, sebaiknya menghindari konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, merokok dan hal-hal lain yang dapat merangsang asam lambung.

Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah:

•   Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)

•   Hindari dahulu konsumsi coklat, keju, kopi atau teh.

•   Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari

•   Jangan terlambat makanUsahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog)

•   Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.

Sebaliknya Obat untuk menangani sakit maag ada beragam jenisnya, mulai dari yang langsung menetralisir asam lambung yang sudah terbentuk hingga yang perperan pada 'pabrik' pembentuk asam lambung itu sendiri. Jenis mana yang paling sesuai untuk dikonsumsi tentu bergantung dari kondisi masing- masing orang. Untuk pengelolaan maag akut yang terjadi tiba- tiba, jenis obat yang berisi antasida, hidrotalcyde dan sejenisnya mungkin akan efektif diberikan. 

Untuk masalah tensi tinggi, apakah sudah tegak diagnosis hipertensi atau tekanan darah tingginya? Berapa tensi tinggi yang dimaksud? Apakah ada riwayat keturunanan darah tinggi di keluarga?

Sepanjang hari, tekanan darah kita bervariasi naik dan turun. Misalnya saat sedang sakit, sedang stress, tensi bisa saja tinggi. Namun, jika tekanan darah seseorang terus menerus tinggi sepanjang waktu, maka perlu yang bersangkutan perlu mewaspadai akan penyakit hipertensi.

Bila keadaan ini terus menerus dibiarkan tidak terkendali, maka dapat menyebabkan komplikasi pada jantung, ginjal dan otak. Perkembangan penyakit hipertensi yang tidak terkendali kerap kali menyebabkan serangan jantung, gagal ginjal dan stroke.  Sekali dinyatakan mengidap hipertensi maka penyakit ini biasanya berlangsung seumur hidup. Yang perlu dilakukan oleh penderita hipertensi adalah mengendalikan tekanan darahnya agar berada dalam batas normal. Mengendalikan tekanan darah terdiri dari perubahan gaya hidup dan dengan pengobatan medis. Apabila dengan perubahan pola gaya hidup tekanan darah belum terkendali, maka harus disertai dengan pengobatan medis.

Apa yang kita makan dapat mempengaruhi tekanan darah kita. Penelitian-penelitian ilmiah telah membuktikan hal tersebut. National Institutes of Health telah meneliti bahwa konsumsi makanan dapat berpengaruh terhadap penurunan maupun peningkatan tekanan darah. Jauh sebelumnya kita telah mengetahui bahwa diet dengan kadar sodium (garam) yang rendah dapat membantu menurunkan tekanan darah. Lebih jauh lagi, panduan diet yang menspesifikasikan bahan makanan tertentu telah dianjurkan untuk dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Panduan diet tersebut disebut dengan DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension = Panduan Diet Untuk Mengendalikan Hipertensi).

DASH merupakan panduan diet hipertensi yang mencakup makanan-makanan dengan kadar lemak jenuh, kolesterol, dan lemak total yang rendah serta kaya akan magnesium, kalium, kalsium, protein dan serat. Panduan diet hipertensi DASH menekankan konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran dan produk olahan susu yang rendah lemak. DASH menganjurkan konsumsi ikan, unggas, produk olahan gandum dan kacang-kacangan. Makanan-makanan seperti daging merah, makanan manis, dan minuman-minuman yang mengandung gula dikurangi.

Dengan mengurangi jumlah asupan sodium (garam) dan menjalankan panduan diet hipertensi DASH diharapkan dapat menurunkan level tekanan darah serta mengontrol perkembangan penyakit hipertensi.

Dalam panduan diet hipertensi DASH, kadar sodium (garam) yang direkomendasikan untuk dikonsumsi per hari adalah 1500-2400 mg atau 4-6 gram atau 2/3 hingga 1 sendok teh setiap hari dari seluruh makanan yang dikonsumsi.

Sebaiknya Anda melakukan untuk konsultasi ke dokter penyakit dalam  untuk dapat dilakukan pemeriksaan lanjut dan mendapat terapi yang sesuai.

 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar