Sukses

Uang Logam Tersangkut di Tenggorokan

14 Mar 2021, 09:01 WIB
Pria, 33 tahun.

Assalamu'alaikum.. Salam sejahtera. Sekitar 10 tahun yang lalu saya pernah kemasukan uang logam di tenggorokan. Sekarang keberadaan uang logan tersebut masih ada di tersangkut di tenggorokan. Alhamdulillah tidak ada dampak fisik dari kejadian. Aktivitas Makan normal. Cuma saat tidur terlelap/normal beberapa tahun ada gejala sesak nafas. Tapi itu tidak setiap mlm terjadi. Dan sekarang tidak ada gejala sesak nafas. Apakah logam tersebut tidak berpengaruh terhadap kondisi perut dalam hal ini lambung saya karena makanan dan minuman yang lewat logam tersebut? Apakah ada pengobatan manual untuk mengambil logam tersebut tanpa operasi? Karena saya tidak punya biaya untuk operasi. Terimakasih banyak dok. 🙏

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Halo Bapak,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Bapak rasakan.

Sebelumnya, apakah informasi seputar logam masih tersangkut di kerongkongan tersebut didapat dari hasil foto rontgen? Apakah sudah dikonfirmasikan oleh dokter spesialis radiologi bahwa benar-benar ada uang logam yang masih tersisa?

Pada umumnya, di kerongkongan sulit tersangkut benda (kecuali tajam dan menusuk/ berpindah ke jaringan sekitarnya). Sebab, kerongkongan memiliki otot yang terus melakukan gerakan peristaltik (gerakan mendorong makanan ke dalam menuju lambung). Selain itu, saat adanya 'benda asing' di organ tubuh, umumnya tubuh akan membentuk 'reaksi perlawanan' dengan sel-sel pertahanan tubuh salah satunya dengan membentuk granuloma.

Saat ini, kami sarankan agar Anda membuat asuransi kesehatan seperti BPJS. Kemudian, Anda bisa berkonsultasi ke dokter dan langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan bahwa uang logam tersebut masih di tempatnya atau tidak.

Baca juga:

Benda Asing pada Esofagus

Pertolongan Pertama pada Anak Tersedak

Waspada, Tersedak Bisa Menyebabkan Kematian!

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Bapak dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun.

Semoga Bapak sehat selalu. 

0 Komentar

Belum ada komentar