Sukses

Gigi Berlubang Dan Tumbuh Daging

13 Mar 2021, 17:21 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok, saat ini pada gigi geraham saya berlubang dan terdapat daging yang mengisi lubang tersebut. Bagaimana cara mengempeskan atau menghilangkan tonjolan dagingtersebut ya? Thx

Halo saudara,

Saya mengerti keluhan yang Anda rasakan. Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, Daging yang tumbuh ditengah gigi berlubang disebut juga pulpa polip. Hal ini disebabkan karena gigi yang berlubang dibiarkan saja tanpa perawatan. Dengan adanya pulpa polip artinya sudah terbukanya akses untuk keluar masuk kuman dari luar gigi ke daerah ujung akar gigi(periapikal).

Gigi dengan keadaan seperti ini harus segera dilakukan perawatan saluran akar, karena terbukanya akses tersebut dapat membuat sisa makanan, bakteri masuk ke jaringan periapikal sehingga menyebabkan abses ataupun infeksi yang lebih berat lagi. Pulpa polip yang kecil masih bisa dihilangkan dengan dipotong kemudian langsung dilakukan perawatan saluran akar sampai tuntas.

Jadi pulpa polip tidak bisa tumbuh lagi. Jika pulpa polip dibiarkan artinya anda membiarkan jalur antara saluran akar gigi dan rongga mulut terbuka, sehingga sangat resiko untuk menjadi infeksi kemudian bengkak. Jika pulpa polip sudah lebar dan menutupi hampir seluruh permukaan gigi maka kemungkinan yang terburuk adalah gigi harus dicabut.

Saran kami agar anda melakukan rontgen foto untuk  melihat keadaan akar giginya, apabila masih belum rusak segera lakukan perawatan saluran akar sampai tuntas di dokter gigi. Akar gigi yang masih kuat, masih bisa dipertahankan dengan cara tersebut sehingga anda tidak perlu melakukan pencabutan.

Baca juga:

Gigi Berlubang, Segera Dicabut atau Cukup Dirawat?

Perlukah Gigi Berlubang Dirawat di Dokter Gigi?

Demikian informasi yang dapat kami berikan, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar