Sukses

Keluar Cairan dari Telinga

12 Mar 2021, 14:07 WIB
Pria, 29 tahun.

Apa cairan kuning yang keluar dari kuping? Cairannya tidak berbau, keluar banyak ketika tidur, tidak ada darah. Membuat pendengaran berkurang, di dalam telinga ada rasa perih sesekali dan rasa gatal sekali, serasa ingin menggaruk. Pertama karena saya sering bersihin kuping dengan katembat sampai dalam. Dan sering memakai headset besar untuk bermain game dalam berjam-jam. Apakah cairan ini akan hilang dengan sendirinya? Terima kasih,

dr. Valda Garcia

Dijawab Oleh:

dr. Valda Garcia

Terima kasih telah bertanya tentang Keluar Cairan dari Telinga melalui fitur Tanya Dokter

Terdapat berbagai kemungkinan penyebab dari keluhan yang Anda sampaikan, salah satu kemungkinannya adalah infeksi pada telinga tengah, yang disebut sebagai otitis media supuratif kronik (OMSK).

Infeksi OMSK adalah infeksi di telinga tengah dengan perforasi membran timpani dan sekret yang keluar dari telinga tengah terus-menerus atau hilang timbul. Sekret dapat encer atau kental, bening atau berupa nanah. Penyakit ini perlu segera ditangani dengan adekuat. Untuk pengobatannya perlu dilakukan pencucian telinga dan diberikan obat tetes telinga dan antibiotik minum. Sumber infeksi yang menyebabkan terjadinya OMSK harus terlebih dahulu ditangani dengan baik.

Kami sangat menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis THT guna dilakukan wawancara medis yang mendetil dan pemeriksaan fisis secara langsung, untuk menentukan diagnosis dan penanganan yang paling sesuai bagi Anda.

Demikian Penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Keluar Cairan dari Telinga. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar