Sukses

Penurunan Pendengaran

12 Mar 2021, 13:57 WIB
Pria, 15 tahun.

Dok saya ingin bertany saya tuli sebelah sudah sekitar 3 tahun apakah masih bisa di sembuhkan?

dr. Valda Garcia

Dijawab Oleh:

dr. Valda Garcia

Terima kasih telah bertanya seputar penurunan pendengaran melalui fitur Tanya Dokter.

Penurunan pendengaran atau gangguan pendengaran adalah semua jenis gangguan dalam proses pendengaran normal. Hal ini bisa berupa mendengar kurang jelas hingga tidak bisa mendengar sama sekali.

Ada beberapa penyebab gangguan pendengaran yang mungkin terjadi, yaitu:

Sensorineural. Terjadi akibat gangguan sensori atau saraf pada telinga bagian dalam. Hal ini dapat dipicu paparan suara keras, proses penuaan, obat-obatan yang merusak telinga (ototoksik), penyakit tertentu (misalnya meningitis), faktor genetik, trauma kepala, dan kelainan struktur pada telinga dalam.

Konduktif. Terjadi karena adanya suatu hambatan yang mengganggu penghantaran suara (konduksi) dari telinga luar melalui telinga tengah hingga sampai telinga dalam. Kondisi ini dapat dipicu oleh penumpukan kotoran telinga, infeksi telinga, kerusakan gendang telinga, adanya benda asing dalam telinga, kelainan bentuk telinga, trauma pada telinga, dan sebab lainnya.

Campuran. Disebabkan oleh campuran antara gangguan sensorineural dan konduktif.

Pengobatan sangat tergantung dari penyebab gangguan pendengaran. Misalnya pada gangguan konduksi, pengobatan dapat dilakukan dengan mengeluarkan benda asing/  kotoran telinga. Proses mengeluarkan bisa dilakukan dengan pemberian antibiotik pada kejadian infeksi telinga atau kadang kala dibutuhkan teknik bedah tertentu pada kasus yang lebih berat.

Beberapa alat juga dapat membantu mengatasi masalah pendengaran. Misalnya penggunaan alat bantu dengar, implan kohlea, auditory brainstem implant, dan teknik lainnya

Silahkan periksakan keadaan telinga anda ke dokter spesialis THT agar mendapat terapi yang sesuai penyebabnya.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar