Sukses

Nyeri setelah Pemasangan Pen

12 Mar 2021, 13:44 WIB
Pria, 24 tahun.

Selamat Pagi Dok, saya Mengalami patah tulang Claficula dan menjalani operasi pasang pen tahun 2016, nah setelah sekian tahun itu, sebulan terakhir ini muncul rasa nyeri disekitar posisi pasang Pen tersebut, oh ya, smpe sekarang Pennya belum di cabut, adakah hubungannya rasa nyeri tersebut dengan Pen yang belum di cabut? apakah ini pertanda Pennya SUdah seharusnya di Cabut, atau adakah Solusinya dok ? Terimakasih sebelumnya dok.

dr. Valda Garcia

Dijawab Oleh:

dr. Valda Garcia

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Pemasangan "PEN" maksudnya adalah pemasangan implant pada tulang dengan maksud untuk mempertahankan kedudukan tulang dalam posisi  yang benar (anatomis) sampai proses terbentuknya tulang terjadi .

Pen digunakan untuk membantu proses penyembuhan tulang yang patah dengan cara mengfiksasi atau menahan agar patahan tulang tidak bergerak-gerak selama penyembuhan. Karena itu, setelah penyembuhan tulang sudah terjadi, pen dapat dilepas. Proses penyembuhan setelah pelepasan pen seharusnya lebih cepat, karena penyembuhan tulang sudah terjadi. Penelitian menunjukkan bahwa pen yang terlalu lama dipakai (tidak dilepas) berisiko menimbulkan berbagai komplikasi, terutama infeksi. Selain itu, pen yang digunakan juga memiliki risiko pecah atau berubah bentuknya, sehingga lebih sulit untuk dilepas jika terlalu lama.

Rasa nyeri setelah operasi wajar terjadi karena masih terjadi proses inflamasi (peradangan) akibat adanya luka. Anda dapat mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri untuk membantu mengatasinya. Dan proses pemeriksaan radiologi seperti rontgen tidak menimbulkan nyeri/menjadi penyebab nyeri pada luka bekas operasi. Jika nyeri dirasa sangat hebat, sebaiknya Anda mengunjungi kembali dokter spesialis bedah tulang Anda untuk dilakukan evaluasi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar