Sukses

Jari Tangan Kebas

12 Mar 2021, 13:29 WIB
Wanita, 30 tahun.

jari tangan terasa kebas atau mati rasa

dr. Valda Garcia

Dijawab Oleh:

dr. Valda Garcia

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Rasa baal atau mati rasa pada daerah kaki maupun tangan dapat disebabkan berbagai hal. Untuk menjawab pertanyaan Anda, dibutuhkan informasi lebih lanjut, seperti sudah berapa lama timbul keluhan? Aktivitas apa yang Anda lakukan sebelum keluhan mucul? Apakah Anda seorang penderita diabetes? Karena pada penderita diabetes rasa kebas atau baal pada kaki atau tungkai merupakan gejala salah satu komplikasi diabetes yaitu neuropati diabetes. Keluhan ini disebabkan adanya kerusakan pada sistem saraf perifer karena kadar gula darah yang tidak terkontrol. 

 ibu jari, telunjuk dan jari tengah, kelainan kemungkinan besar terjadi akibat gangguan saraf yang disebut saraf medianus. Saraf medianus adalah salah satu dari 3 saraf (termasuk saraf radialis dan ulnaris) yang mempersarafi jari. Bila terjadi mati rasa (baal) pada regio ini, kemungkinan besar terjadi gangguan saraf medianus. Apakah tidak terdapat gangguan saraf serupa ini di daerah lain pada tubuh? Apakah kadang terasa kesemutan? Apakah pekerjaan Anda sehari-hari melibatkan banyak gerakan pergelangan tangan (menggunakan komputer, mencuci, dll)? Bila semua jawabannya Ya, maka kemungkinan besar terjadi gangguan yang disebut Carpal Tunnel Syndrome, yang sering diderita oleh seseorang yang sehari-hari sering memanipulasi area pergelangan tangan. Saat seseorang melipat/ memanipulasi pergelangan tangan, terjadi kompresi saraf medianus yang dapat menekan saraf dan menyebabkan gangguan terutama kesemutan, baal, rasa nyeri, terbakar, dll. Apakah ada riwayat trauma yang mengenai pergelangan tangan tersebut?

Untuk lebih memastikan fungsi saraf medianus tersebut, Anda membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut pada dokter spesialis saraf. Masih dibutuhkan pemeriksaan yang lebih lengkap juga untuk memastikan apakah benar ada kelainan pada saraf tersebut, atau kelainan terletak pada organ lain. Untuk itu kami sarankan Anda segera memeriksakan diri secara langsung ke dokter spesialis saraf. Sementara itu, sebaiknya Anda mengistirahatkan terlebih dahulu tangan kiri Anda dan tidak beraktivitas berlebihan mengggunakan tangan kiri.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar