Sukses

Pusing saat Berdiri Lama

12 Mar 2021, 13:26 WIB
Wanita, 16 tahun.

Hallo Dok, Saya Siswi SMA.... Sedikit cerita Dok saya mengikuti ekskul Paskibra dalam paskibra selalu latihan di lapangan sampai panas-panasan. Nah dok ketika saya berdiri mengikuti baris berbaris kalau kelamaan berdiri saya selalu sesak nafas Dok jika terlalu lama selalu pusing disertai semua menjadi hitam atau tak terlihat Dok begitupun jika dalam upacara . Apakah penyebab nya Dok & Bagaimana cara mengatasinya

dr. Valda Garcia

Dijawab Oleh:

dr. Valda Garcia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi KlikDokter.com.

Rasa pusing atau pandangan gelap pada saat berdiri lama maupun setelah bangun dari duduk atau tidur sering disebabkan oleh hipotensi ortostatik. Namun jika kondisi ini berlangsung lama atau hingga membuat orang pingsan meskipun sesaat, bisa jadi hal ini merupakan tanda-tanda adanya masalah kesehatan yang memang haruus ditangani.

Penyebabnya keluhan Anda diantaranya adalah karena kekurangan cairan/dehidrasi akibat terlalu lelah, hipoglikemia, kurang olahraga, atau anemia. Penyebab lainnya adalah diabetes, gagal jantung, dan gangguan saraf. Jika Anda sering merasa pusing dan lemas, perlu dicurigai anemia penyebabnya dan diperlukan pemeriksaan laboratorium untuk menilai kadar hemoglobin. Untuk mengurangi gejala tersebut, jangan paksakan diri Anda untuk berdiri terlalu lama, jika memungkinkan duduk lah sesekali selama beberapa menit sebelum berdiri kembali.Mminumlah minimal 8 gelas/hari, olahraga teratur 3-4x/minggu selama minimal 30 menit setiap sesinya, dan konsumsi makanan yang kaya zat besi. Selain itu usahakan sarapan sebelum melakukan aktivitas, serta makan secara teratur.

Jika keluhan dirasakan semakin memberat, maka kunjungilah dokter agar Anda mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar