Sukses

Gigi Geraham Tumbuh Miring

10 Mar 2021, 20:08 WIB
Wanita, 37 tahun.

Dokter saya mau bertanya,gigi geraham tumbuh miring,mengakibatkan gusi bengkak,apakah gigi tsb harus di cabut?jika iya berapa kisaran biaya dan waktu tindakan mulai dari diagnosa hingga tindakan operasi nya?

Halo saudari,

Saya mengerti keluhan yang Anda rasakan, berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, dugaan kami sepertinya gigi geraham bungsu (gigi molar tiga) Anda mengalami impaksi, yaitu kondisi gigi yang mengalami halangan untuk tumbuh secara normal di dalam lengkung rahang.

Gigi impaksi dapat terbenam  seluruhnya dalam tulang atau bisa juga hanya separuh mahkota yang berhasil menembus tulang dan gusi dan posisinya biasanya tidak tegak melainkan sedikit miring seperti yang terjadi pada gigi Anda. Sebagian permukaan mahkota gigi masih tertutup gusi sehingga sisa makanan mudah terselip dan sulit dibersihkan di bagian tersebut dan menjadi tempat pertumbuhan kuman, sehingga lama kelamaan gusi mengalami peradangan dan bengkak.

Jika dibiarkan, gusi yang meradang tersebut akan menimbulkan rasa sakit yang cukup mengganggu dan menyulitkan pengunyahan. Banyak para ahli yang menyarankan pencabutan pada kasus gigi seperti ini, karena jika hanya diberi obat untuk mengurangi radang gusi, peradangan tersebut nantinya akan kembali berulang.

Pencabutan gigi yang impaksi memang tidak seperti pencabutan biasa, mengingat posisi gigi yang umumnya terletak di luar lengkung rahang normal atau miring, atau bahkan tidak tumbuh sama sekali. Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir, karena tindakan ini merupakan operasi kecil dengan pembiusan lokal. Jika dilakukan sesuai prosedur, resiko komplikasi dapat ditekan seminimal mungkin.

Sedangkan untuk kisaran biayanya, kami tidak dapat memberikan informasi yang pasti sehingga Anda bisa langsung bertanya pada rumah sakit yang dituju. Lakukan pula pemeriksaan secara langsung dengan dokter gigi untuk memastikan kondisi gigi Anda.

Baca juga:

5 Alasan Mengapa Gigi Geraham Bungsu Perlu Dicabut

Inilah Tanda-Tanda Gigi Bungsu Perlu Dicabut

Demikian informasi yang dapat kami berikan, Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar