Sukses

Gatal di Penis

09 Mar 2021, 15:34 WIB
Pria, 31 tahun.

Dok, beberapa bulan ini penis saya merasa gatal dibagian bawah kepala penis dan samping kiri leher penis yang ada tepat di bawah kepala penis. Sudah saya pastikan tidak ada ruam, kulit juga tidak bersisik, tidak kering dan tidak ada bentol maupun bercak merah. Rasa gatal ini muncul jika disentuh oleh tangan ketika buang air kecil serta saat ejakulasi saja. Kemudian di kepala penis bagian atas menjadi sensitif dan sering terluka bila menggunakan celana dalam yang ketat. Mohon bantuannya Dok, obat apa yang harus digunakan dan langkah apa yang harus saya lakukan?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdr, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Penis gatal tidak selalu karena infeksi menular seksual (IMS). Penis gatal juga dapat terjadi akibat infeksi jamur, skabies, kutu pubis, celana dalam terlalu ketat, reaksi alergi, gesekan, dan masih banyak lagi.

Mungkin gatal yang dirasakan terjadi ketika tangan Anda kkurang bersih saat memegang alat kelamin. Bisa juga karena gesekan yang terus-menerus saat ejakulasi dan menggunakan celana ketat. 

Jadi, sebaiknya Anda tingkatkan kebersihan alat vital dan hindari penggunaan celana dalam yang ketat untuk menghindari gatal di penis.

Jika gatal terus muncul, satu-satunya cara untuk memastikan keluhan adalah dengan melakukan pemeriksaan langsung oleh dokter. Karena hanya dengan pengamatan langsung, akan muncul analisa yang lebih akurat dan sesuai dengan kaidah penegakan diagnosa.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar