Sukses

Gangguan mood

08 Mar 2021, 13:55 WIB
Wanita, 17 tahun.

saya ingin berkonsultasi tetang keadaan saya sampai 17 tahun ini. Saya bukan tipe yang pemalu tapi saya merasa sulit bergaul dan tidak mau keluar rumah bahkan untuk ke warungpun saya tidak ingin pergi. Saya sering mengalami mood swing mudah marah, menangis, sakit hati, bahagia berlebih. Saya tipe yang suka menyendiri dan tidak masalah tidak mempunyai teman. Tapi dalam hati kecil saya, ingin menjadi orang normal lainnya. apakah mungkin saya mengalami BIPOLAR? karena terkadang saya sangat tidak menyukai seseorng secara tiba tiba. Saya juga sangat tidak menyukai anak kecil namun sangat menyayangi hewan. tolong saran dan bantuannya supaya saya bisa percaya diri dan mengatur emosi saya. saya ingin mandiri dan berani bergaul dengan dunia luar

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Mood adalah kondisi perasaan yang terus ada yang mewarnai kehidupan psikologis kita. Perasaan sedih atau depresi bukanlah hal yang abnormal dalam konteks peristiwa penuh tekanan. Namun orang dengan gangguan mood (mood disorder) mengalami gangguan mood yang luar biasa parah atau berlangsung lama dan mengganggu kemampuan mereka untuk berfungsi dalam memenuhi tanggung jawab secara normal.

Bagaimana dengan kondisi Anda? Sudah berapa lama Anda merasakan hal ini? Jika tidak lama, mungkin Anda hanya mengalami mood swing. Namun, jika sudah lama, sebaiknya Anda ke dokter spesialis psikiatri untuk penanganan lebih lanjut.

Gangguan mood mencakup berbagai gangguan emosi yang membuat seseorang tidak dapat berfungsi- mulai dari kesedihan pada depresi hingga eufaria tidak realistis dan iritabilitas pada mania. Gejalanya pun bisa beragam, bisa salah satunya seperti yang Anda alami.

Gangguan mood sendiri masih diklasifikasikan menjadi berbagai diagnosis (berdasarkan DSM IV) misalnya: gangguan bipolar, depresi, disritmik, dsb. Untuk menentukan diagnosisnya dibutuhkan wawancara serta pemeriksaan lebih lanjut. Wajar atau tidaknya, tentu bergantung dari derajat keparahan gangguan tersebut, tipe gangguannya, dll.

Untuk mencegahnya tentu cobalah untuk menjaga mood Anda. Memang terdengar sulit, namun cobalah untuk menjaga mood Anda tetap baik dan menyenangkan dengan melakukan hal-hal yang Anda senangi dan menghindari pikiran-pikiran negatif pada diri Anda. Bila Anda masih merasakan hal yang sama Anda dapat menemui dokter pskiatri terdekat, untuk dapat mengatasi lebih tepat terhadap keluhan Anda.

Baca juga

8 Fakta Menarik tentang Mood Swing

Jenis-jenis Gangguan Jiwa yang Perlu Anda Ketahui

Apakah Anda Mengidap Bipolar? Kenali Gejalanya

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar