Sukses

Kotoran Telinga Terdorong Ke Dalam

08 Mar 2021, 18:38 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok, saya mau bertanya. Kemarin saat membersihkan telinga dengan cotton bud saya tidak sengaja mendorong kotoran kedalam, dan sampai saat ini rasanya pendengaran saya seperti ditutupi. Saya sudah memberikan ear drops tapi masih sama saja, belum kembali seperti semula. Saya sudah menggunakan eardrops 2 hari. Mohon bantuannya dok🙏

Terimakasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.

Kami memahami ketidaknyamanan Anda terkait telinga yang tersumbat serumen.

Kondisi yang Anda alami disebut dengan impaksi serumen atau cerumen prop. Serumen merupakan kotoran telinga yang diproduksi oleh kelenjar di dalam liang telinga. Secara normal, setiap orang memproduksi cerumen, namun jumlah dan tipenya bervariasi secara genetik. Impaksi cerumen bisa terjadi jika cerumen diproduksi dalam jumlah yang banyak, jenisnya lengket, ditambah dengan bentuk liang telinga yang kecil serta berkelok sehingga cerumen lebih sulit keluar.

Penyebab impaksi cerumen selain ketiga hal di atas, seringkali diperparah dengan upaya membersihkan kotoran telinga dengan menggunakan cotton bath atau instrumen lain. Alat-alat ini dapat menghilangkan lapisan cerumen terluar, namun seringkali mendorong lapisan yang lebih dalam ke arah gendang telinga. Selain itu, pengguna alat bantu dengar dan earphone juga lebih rentan mengalami sumbatan cerumen.

Gejala dari impaksi cerumen yaitu pendengaran yang menurun, rasa melayang, nyeri telinga, telinga terasa penuh, telinga berdenging, gatal atau keluar cairan dari liang telinga.

Untuk mengatasinya, cerumen perlu dilunakkan terlebih dulu supaya mudah dikeluarkan. Anda dapat membeli tetes karbogliserin 10% di apotek. Teteskan 3-5 tetes di telinga yang tersumbat selama 3-5 hari. Biasanya cerumen akan keluar sendiri setelah itu. 

Namun, jika sudah menggunakan tetes telinga tak ada perubahan, kami sarankan agar dilihat oleh dokter THT. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar