Sukses

Tubuh Anak Terasa Dingin

08 Mar 2021, 10:09 WIB
Wanita, 29 tahun.

Selamat malam dokter, sekitar lima hari yg lalu anak saya mengalami panas sampai 39,5. Saya bawa ke nakes dan diberi obat. Dua hari setelah minum obat badannya sudah gk panas lagi. Saya ukur suhu sudah normal tapi anak saya terlihat lemas dan pucat. Lalu, dua hari ini saya merasa kaki dan tangan anak saya terasa dingin. Saya ukur lgi suhu tubuhnya ternyata 35 saja. Usia anak saya satu tahun. Dok, berbahayakah suhu tubuh 35 drajat pada anak satu tahun. Setelah beberpaa hari sakit panas sekarang anak saya aktif dan ceria tapi badannya terasa dingin dan kulit terlihat pucat, bagaimanakah cara menangani ini dok. Mohon infonya dok , terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Terdapat 2 tahapan jika terdapat suhu ekstrim yang rendah, yaitu hipotermia dan frostbite.

Hipotermia adalah menurunnya suhu tubuh di bawah suhu normal. Jika turun 1-2 derajat celcius, maka derajat hipotermia masih ringan. Sementara jika suhu tubuh turun lebih dari 3 derajat celcius maka derajat hipotermia sudah berat.

Namun perlu dimenegerti terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan kesalahan dalam menilai suhu, misalnya diukur pada udara kamar yang dingin, atau kesalahan dalam alat.

Untuk meningkatkan suhu tubuh dapat dengan memberikan pakaian yang hangat, menyelimuti anak, mengatur suhu ruangan agar tidak terlalu dingin, dsb.

Jika memang suhu 35 terus-menerus, dengan catatan cara pemeriksaannya sudah benar, maka sebaiknya kontrol kembali dengan dokter.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar