Sukses

Efektifkah KB Darurat?

05 Mar 2021, 13:28 WIB
Pria, 30 tahun.

Halo dok saya ingin bertanya. Kemarin sore sekitar jam 5 saya melakukan hubungan intim dengan istri saya tetapi lupa menggunakan kontrasepsi sehingga td pagi istri saya mengkonsumsi pil kb darurat. Saya mau bertanya jika sel telur sudah siap dibuahi saat sperma masuk dan pembuahan telah terjadi pada istri saya kemarin apakah pil kb tetap efektif saat diminum pagi ini?

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. 

Memang kontrasepsi yang sering disebut sebagai “morning after pill’ ini tidak bekerja seefektif kontrasepsi pada umumnya yang dipakai rutin, namun akan lebih baik jika tidak memiliki perlindungan sama sekali. Angka kegagalan dari kontrasepsi darurat ini adalah 3%.

Kontrasepsi darurat terdiri dari pil kombinasi dosis tinggi, pil kombinasi dosis rendah, pil progesteron, pil estrogen, dan spiral. Namun mohon maaf sebelumnya, kami tidak dapat menyebutkan nama obat untuk menghindari bias promosi. Pil efektif jika digunakan dalam waktu 72 jam pasca sanggama. Pil ini tidak dapat digunakan sebagai kontrasepsi jangka panjang. Sementara itu, spiral masih efektif dalam waktu 7 hari pasca sanggama, namun tidak dapat digunakan untuk wanita yang mengalami infeksi kelamin dan organ kewanitaan.

Terdapat beberapa efek samping dari penggunaan pil KB ini, yaitu mual, muntah, flek-flek, nyeri perut, dan sakit kepala. Jika Anda muntah dalam 2 jam setelah meminum pil, Anda harus kembali meminum pil tersebut.

Kontrasepsi ini tidak dapat “menggagalkan” kehamilan yang sudah terjadi, namun hanya dapat berfungsi untuk mencegah sebelum kehamilan itu terjadi.

Pil KB darurat seharusnya tidak akan mempengaruhi suntik KB. Jadi tetap lakukan suntik KB 1 bulan sesuai dengan jadwal seharusnya. Bila ragu lakukan konsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melalui PlayStore/ Android: https://www.klikdokter.com/download dan untuk App Store  https://app.adjust.com/n01yug7 kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar