Sukses

Tiba-tiba sulit bicara, lemas, stroke?

28 Feb 2021, 17:50 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok, saya mau bertanya orang tua saya tiba-tiba kesulitan dalam berbicara, lidahnya terasa tebal, dan juga badannya tiba-tiba saja lemas. Tetapi, setelah dicek tekanan darah dan kolesterolnya normal. Apa ya dok yang mengakibatkan hal tersebut terjadi? terimakasih dok

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Dari keterangan yang Anda berikan, keluhan mengarah ke stroke.

Stroke termasuk penyakit serebrovaskuler (pembuluh darah otak) yang ditandai dengan kematian jaringan otak (infark serebral) yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak. Berkurangnya aliran darah dan oksigen ini bisa dikarenakan adanya sumbatan, penyempitan atau pecahnya pembuluh darah. Oleh karena itu stroke dapat dibagi menjadi dua, yaitu stroke iskemi (penyumbatan) dan stroke hemoragik (pecahnya pembuluh darah). 

Apakah pasien stroke pasti memiliki hipertensi/tekanan darah tinggi?

Jawabannya tidak. Pada stroke hemoragik, terdapat pembuluh darah di otak yang pecah, umumnya terjadi akibat tekanan darah yang tinggi yang dapat dipicu oleh berbagai hal. Sedangkan Pada stroke iskemi, terjadi sumbatan pada pembuluh darah otak. Sumbatan ini dapat disebabkan karena gumpalan pembuluh darah atau lemak, maupun karena berkurangnya aliran darah ke otak (hipoperfusi) yang bisa disebabkan karena gangguan pompa jantung. 

Baca juga

Tanda Serangan Stroke yang Harus Anda Waspadai

Pasca Serangan Stroke, Ini Hal yang Perlu Diperhatikan

Pelo Akibat Stroke, Bisakah Sembuh?

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar