Sukses

Berhubungan saat hamil

28 Feb 2021, 17:50 WIB
Pria, 27 tahun.

Mau nanya dok, masa ga boleh berhubungan saat istri lagi hamil itu di usia kehamilan berapa aja? Apakah saat tau kalo positif ga boleh berhubungan lagi sampe 5 bulan usia kehamilan? Terima kasih

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdr

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Berhubungan intim meskipun sedang hamil tetap dapat dilakukan. Karena hal ini merupakan kebutuhan biologis pasangan suami-istri. Namun perlu diperhatikan juga keadaan ibu dan janinnya. Jika saat kehamilan ibu dan janin sehat, maka tidak ada masalah untuk berhubungan. Janin dilindungi oleh plasenta dan cairan amnion, maka saat berhubungan tidak akan mempengaruhi keadaannya. 

Namun jika memiliki kondisi tertentu, seperti ada riwayat keguguran, keluar flek perdarahan saat hamil, air ketuban merembes, ada kontraksi yang berulang maka Anda perlu waspada jika melakukan hubungan seks. Selain itu, jika kehamilan memasuki trimester ketiga dan kepala janin sudah memasuki panggul, maka disarankan untuk tidak berhubungan karena cairan sperma dapat memancing kontraksi yang membuat ibu melahirkan secara prematur. 

Jika Anda memiliki keluhan seperti diatas, kami sarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda untuk mengetahui kondisi kehamilan terlebih dahulu.

Baca juga

Kiat Berhubungan Seks Saat Hamil Muda

Berhubungan Seks Saat Hamil, Kenapa Tidak?

Tips Tetap Aman Berhubungan Intim Saat Hamil

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdr dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar