Sukses

Anak Diare, Muntah, dan Demam

01 Mar 2021, 10:25 WIB
Wanita, 34 tahun.

Selamat malam dok, maaf saya mau tanya. Saya punya anak usia 1,8 tahun . Skrang ini dia sedang menderita diare, muntah - muntah dan demam. Bagaimana cara mengatasi nya dok?? Anak saya ngga suka dan ngga mau minum obat masalahnya.. apa ada resep tradisional??

Terima kasih telah bertanya seputar anak diare demam melalui Tanya Dokter.

Diare dan muntah-muntah pada anak memang biasanya paling sering disebabkan karena rotavirus yang mengeluarkan toxin sehingga menyebabkan diare dan juga muntah-muntah. Diare dan muntah-muntah terjadi juga sebagai salah satu mekanisme untuk pengeluaran toxin tersebut dari saluran pencernaan (usus). Dan gejala-gejala ini akan membaik dengan sendirinya.

Yang perlu diperhatikan selama diare dan muntah-muntah terjadi adalah menjaga agar tidak terjadinya kekurangan cairan dan elektrolit (dehidrasi). Bila anak masih dapat minum maka dapat diberikan cairan elektrolit, jika anak sudah lemas dan tidak dapat minum maka perlu dilakukan penambahan cairan dan elektrolit melalui infus.

Saat ini Anda perlu memperhatikan bagaimana kebutuhan cairan dan elektrolit (pemberian air minum dan oralit) anak Anda terpenuhi. Jika anak tidak mau lagi minum atau makan sebaiknya dibawa ke rumah sakit untuk diinfus agar tidak terjadi kekurangan cairan yang sampai dapat menyebabkan kematian.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar