Sukses

Imunisasi polio

28 Feb 2021, 17:49 WIB
Wanita, 22 tahun.

dok maaf saya mau tanya kenapa imunisasi polio tidak boleh di berikan kurang dari 4 minggu , dan apa dampaknya jika imunisasi tersebut di berikan kurang dari 4 minggu?

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Pada dasarnya imunisasi polio wajib diberikan segera setelah lahir dilanjutkan dengan 3 dosis wajib pada usia 2, 4 dan 6 bulan. Tiga dosis yang diberikan setelah dosis pertama segera setelah lahir dapat memberikan proteksi yang cukup terhadap infeksi polio. Dosis berikutnya merupakan dosis penguat (booster) untuk tetap mempertahankan daya tahan terhadap virus polio hingga usia dewasa. Pemberian vaksin jika terlambat  dinamakan 'catch up', namun  tetap akan melindungi sang bayi dengan perlindungan yang sama baiknya.

Empat dosis imunisasi yang telah diberikan pada masa kecil sudah cukup untuk melindungi orang tersebut dari infeksi. Dan, pada usia > 18 tahun, kebanyakan orang dewasa telah kebal (terbentuk daya tahan) terhadap infeksi polio dan risiko untuk mendapatkan infeksi polio juga rendah.

Baca juga

5 Fakta tentang Vaksin Polio yang Perlu Anda Tahu 

7 Fakta Penting Soal Polio

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Anak Vaksin Polio

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar