Sukses

Mengatasi Gigi Anak Bengkak karena Jatuh

25 Feb 2021, 16:31 WIB
Wanita, 19 tahun.

Adik saya jatuh dari sofa dan giginya terbentuk di meja sofa , dan giginya bergeser posisinya dok . Lalu mengeluarkan darah, darahnya sudah berhenti tapi mulutnya mengalami pembengkak gitu dok. Terus ada memar/darah membeku . Ada sobekan juga dimulutnya terus dia juga gak mau minum susu, apa karna nyeri gitu. Apa yang harus saya lakukan dok . Bagaimana menghilangkan pembengkakannya itu? Apa saya harus ke dokter ...

Terimakasih telah bertanya seputar mengatasi gigi anak bengkak karena jatuh melalui fitur Tanya Dokter.

Pada anak-anak memang sering terjadi kasus seperti ini, gigi anak terkena benturan keras/trauma, kadang bisa menyebabkan gigi goyang, bergeser, patah maupun lepas. Dalam kasus anda, jika anak sudah tenang, usahakan coba anda goyangkan giginya apabila hanya goyang sedikit kemungkinan akibat benturannya saja. Untuk mengatasinya anda bisa memberikan obat sirup pereda nyeri yang mengandung paracetamol atau ibuprofen, obat tersebut dijual bebas di apotik. Biasanya dalam 7 hari gigi akan kuat kembali.

Namun jika ternyata gigi goyang sekali atau sampai otek dan darah terus keluar, anda perlu memonitornya selama 5 hari sambil memberikan obat sirup tersebut. Jika masih goyang dan ada rasa sakit yang ditandai dia tidak mau makan atau minum menggunakan sedotan, maka segera periksakan ke dokter gigi.

Pada beberapa kasus akan timbul Gusi yang berwarna ungu kehitaman yang merupakan reaksi memar akibat kena benturan, yang lama kelamaan akan diserap oleh tubuh. Yang perlu diperhatikan saat memonitor keadaan gigi anda adalah apakah giginya berubah warna menjadi coklat atau keabu-abuan. Jika berubah warna dan anakpun sudah tenang, sebaiknya periksakan ke klinik atau rumah sakit agar dapat diperiksa secara langsung oleh dokter gigi. Warna gigi yang berubah kecoklatan adalah salah satu tanda gigi sudah non vital atau mati. Pada tahap ini gigi perlu dilakukan perawatan saraf gigi untuk mempertahankan gigi tersebut.

Baca artikel berikut terkait pertanyaan anda :

Gigi Anak Copot karena Terbentur, Apa yang Harus Dilakukan?

Perilaku Ibu Tentukan Kesehatan Gigi Anak

Hal yang Dilakukan Ketika Gigi Anak Cedera

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai mengatasi gigi anak bengkak karena jatuh, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar