Sukses

Haid Tidak Teratur

25 Feb 2021, 07:58 WIB
Wanita, 23 tahun.

Selamat pagi Dokter Saya mau tanya, Bulan November-pertengahan Januari saya minum obat hormon (resep dari dokter) untuk melancarkan menstruasi. Karena sebelumnya menstruasi tidak teratur. Saat ini saya sudah hampir 2 minggu telat menstruasi. Sudah saya test pack berkali-kali hasilnya negatif. Namun selama kurang lebih 2 minggu ini saya mengalami: - pusing - nyeri punggung bawah dan perut bawah (kadang kram perut bawah) - muncul flek kecoklatan dan merah muda - merasa lelah meskipun waktu tidur sudah normal - kadang-kadang merasa mual - perubahan emosi yang tiba-tiba sebagai tambahan informasi saya pernah mengalami keguguran 1x sebelumnya. Yang ingin saya tanyakan apakah tanda-tanda tersebut mengarah ke hamil atau bagaimana ya Dok? Terima kasih banyak Dokter :)

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Normalnya setiap wanita akan merasakan menstruasi setiap bulannya dengan siklus normal 21-35 hari selama 2 - 7 hari. Jika lebih dari itu berarti siklus haid Anda memanjang. Berikut adalah hal-hal yang bisa menyebabkan telat haid:

1. Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama

2. Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

3. Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30

4. Malnutrisi (kurang gizi)

5. Stres psikologis

6. Atlet

7. Kekurangan vitamin K

8. Penggunaan obat-obatan tertentu

9. Kelainan pembekuan darah

10. Gangguan hormon tiroid

11. Sindrom tertentu (misalnya PCOS)

Penyebab haid tidak juga datang tidak hanya karena hamil, tapi bisa banyak hal seperti yang disebutkan di atas. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk mengetahui penyebab pasti keluhan Anda, sehingga mendapatkan penanganan yang tepat. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar