Sukses

Jari Kaki Bersisik dan Kering

25 Feb 2021, 07:49 WIB
Wanita, 35 tahun.

Dok..anak saya usia 12 tahun jari2 kakinya bersisik dan kering sudah 1 bulan ini, saya beri minyak zaitun/handbody agak berkurang. nah..saya baru tau kmrn itu ternyata luka dan berdarah.itu kenapa ya dok..diberi obat apa?apa perlu minum antibiotik terimakasih.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Apakah anak Anda juga mengeluh jari kakinya gatal?

Jika ya, bisa jadi penyebabnya adalah kutu air. Kutu air dapat disebabkan oleh berbagai penyebab. Kemungkinan penyebab masih cukup banyak, dapat akibat dermatitis, infeksi jamur, atau infeksi lain.

-Dermatitis merupakan peradangan pada kulit yang dapat disebabkan karena faktor dari luar (bahan kimia,sinar matahari, dll) maupun dari dalam (makanan).

-Infeksi jamur pada kaki (tinea pedis)--> keluhan seperti gatal, merah, terasa seperti terbakar, terkadang ada luka seperti jerawat, atau luka menonjol, terjadi penebalan kulit. Pada jamur, penting untuk menjaga agar daerah gatal tidak lembab dengan membersihkan dengan bersih, mengeringkan.

Penyakit kulit paling baik untuk didiagnosis berdasarkan pemeriksaan langsung karena begitu banyak penyakit kulit yang dapat menunjukkan gambaran serupa. Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin untuk mengetahui sebab pasti dan mendapatkan terapi yang sesuai. Hindari penggunaan obat antibiotik tanpa resep dan pengawasan dari dokter, karena dapat menyebabkan efek samping berbahaya.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar