Sukses

Vagina sakit dan mengganjal

24 Feb 2021, 08:57 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok izin bertanya mengenai vagina , pada saat saya membuang air kencing arah air kencing itu ke kiri terus vagina saya sedikit agak sakit atau perih kalau dipegang atau diraba atau ditekan dikit dengan tangan tapi kalo duduk biasa tidak sakit tapi seperti mengganjal terus dok pada saat saya bab terasa sakit untuk mengeluarkannya dok tapi saat sudah dikeuarkan anus saya tidak sakit terus pada saat bab saya keras saya suka memaksakan untuk mengeluarkannya dan terjadi penekanan pada vagina saya apa itu mulanya dari vagina saya sedikit sakit dan mengganjal kalo sedang berjalan dok

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Sayangnya untuk dapat membantu Anda lebih baik, kami membutuhkan informasi mengenai apakah terdapat benjolan? Bila iya, bagaimana ukuran, konsistensi, nyeri tekan/tidak, tepi, warna kulit, dan sebagainya. Informasi tersebut paling baik didapat melalui pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter.

Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada daerah bibir vagina. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada bibir vagina:

  • Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul. Ada kemungkinan benjolan ini yang terjadi pada Anda
  • Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina
  • Lipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak
  • Folikulitis: benjolan di area berambut kemaluan, terjadi akibat infeksi folikel rambut
  • Kutil kemaluan: terjadi akibat infeksi menular seksual yaitu akibat virus HPV, dengan sebutan lain penyakit Jengger ayam.

Mengingat penyebab benjolan vagina bisa bermacam-macam, untuk mengetahui benjolan itu berbahaya atau tidak, serta penyebab pastinya, diperlukan pemeriksaan ke dokter. Untuk itu, sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan fisik langsung.

Untuk saat ini jika terasa nyeri sekali Anda bisa mengkonsumsi obat anti nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen. Anda juga bisa mengompres dengan air dingin atau hangat secara bergantian untuk meredakan nyerinya.

Baca juga

Penyebab Vagina Nyeri yang Harus Diwaspadai 

Ada Benjolan di Vagina, Haruskah Panik?

Ada Benjolan di Vagina, Kapan Harus Khawatir?

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar