Sukses

Benjolan di Dagu, Apakah Berbahaya?

20 Feb 2021, 18:03 WIB
Wanita, 14 tahun.

permisi dok, saya punya benjolan di bawah dagu (bagian leher atas) sejak tahun lalu hingga sekarang, bentuknya lebih tepatnya cuma kayak bengkak, akan sangat terasa kalau sedang diraba sambil menengadahkan kepala ke atas. terasa sakit, benjolannya juga tidak keras. pertama kali saya tau ada bengkak seperti itu, ketika saya habis bernyanyi di ekskul padus karena terasa sakit ketika teriak/mulut terbuka lebar, namun tdk menghilang juga sampai sekarang. kira-kira penyebabnya apa ya dok? apakah berbahaya??? saya suka panik sendiri mikirin yang nggak-nggak:(

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. 

Sebelumnya izinkan saya bertanya, Sejak kapan benjolan tersebut muncul? Apakah ada demam, batuk, flu? Apakah benjolannya membesar? Apakah benjolannya bisa digerakkan?

Banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan benjolan di bawah dagu. Jadi sulit bagi kami menjelaskan penyebab pasti keluhan yang Anda rasakan dan penanganannya, jika benjolan tersebut belum dipastikan penyebabnya. Benjolan di bawah dagu dapat disebabkan oleh berbagai sebab:

- Pembesaran kelenjar tiroid (gondok): hipertiroidisme, hipotiroidisme, tumor kelenjar tiroid

- Pembesaran kelenjar getah bening: tumor kelenjar getah bening, TBC kelenjar, penyebaran kanker dari tempat lain, infeksi bakteri

- Pembesaran kelenjar air liur: parotitis, tumor parotis bisul (abses), biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahansebab lain (jarang)

Untuk penanganan di rumah, Anda dapat mengonsumsi obat anti nyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen untuk meredakan nyeri dari benjolan tersebut. Lalu, untuk meredakan nyeri menelan Anda dapat berkumur dengan air garam dan mengonsumsi minuman hangat dulu saat ini.

Selanjutnya kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter penyakit dalam terlebih dahulu untuk memeriksakan benjolan di bawah dagu Anda, karena tanpa diperiksa tidak dapat mengetahui benjolan tersebut berbahaya atau tidak.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melalui PlayStore/ Android: https://www.klikdokter.com/download dan untuk App Store  https://app.adjust.com/n01yug7 kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar