Sukses

Kram Otot

20 Feb 2021, 22:56 WIB
Wanita, 18 tahun.

saya sering mandi sore pada jam 8 malam. namun akhir akhir ini saya seering merasa kram otot tiba tiba disertai sakit luar biasa, namun setelahnya kembali membaik. ketika saya terlalu lama berdiri, atau duduk maka kaki saya akan kesemutan dan mati rasa. gejala apa yang saya alami dok? apa baik baik saja?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Kram otot umumnya muncul saat sedang beristirahat. Penyebab pastinya masih belum diketahui. Satu teori menyebutkan bahwa kram muncul ketika otot yang sudah berada posisi memendek, distimulasi untuk berkontraksi. Karena otot tersebut sudah dalam keadaan memendek, kontraksi (pemendekan serabut otot) lebih jauh lagi akan menyebabkan otot tersebut spasme. 

Untuk mencegah kekambuhan kram otot, lakukan hal ini:

-Minum banyak cairan tiap hari (minimal 8 gelas per hari)

-Batasi konsumsi alkohol atau kafein, karena dapat membuat kita dehidrasi (tubuh kehilangan banyak cairan).

-Makan makanan yang kaya mineral kalsium, kalium, dan magnesium seperti buah-buahan (pisang, anggur, jeruk) dan sayuran, kentang, jagung, tomat

-Konsumsi suplemen kalsium (Calc)

-Regangkan otot betis beberapa menit sebelum tidur (tarik jari-jari kaki ke arah lutut, tungkai dalam keadaan lurus)

Jika kram otot yang Anda alami semakin sering dan sangat mengganggu, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter secara langsung agar dapat dievalausi.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar