Sukses

Pundak Terasa Dingin

20 Feb 2021, 22:35 WIB
Wanita, 40 tahun.

Siang Dok Kenapa akhir2 ini pundak saya, kiri dan kanan, sering terasa dingin dan seperti ada yg gerak, hanya selebar 2 jari saja, tapi tidak sakit atau nyeri, dan muncul dan hilang begitu saja. gejala apakah Dok? terimakasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Pundak terasa dingin yang Anda rasakan bisa saja disebabkan karena adanya kaku otot atau juga karena aliran darah yang kurang lancar.

Kaku otot dapat terjadi karena berbagai hal, misalnya posisi duduk yang kurang baik dan duduk lama, posisi tidur yang kurang baik, dan sebagainya. Lalu, aliran darah yang kurang lancar bisa disebabkan karena merokok, kurang mengonsumsi makanan yang bergizi, kurang tidur, stres, dan sebagainya.

Untuk mengatasinya, coba perhatikan kebiasaan Anda. Apakah Anda sering berada pada posisi yang sama dalam waktu lama? Jika ya, perbaiki hal tersebut dengan rajin melakukan stretching, misalnya. Lalu, pastikan juga Anda mencukupi kebutuhan nutrisi harian, banyak minum, istirahat yang cukup, dan berolahraga.

Jika keluhan masih seirng muncul dan jadi sangat mengganggu, periksakanlah diri Anda ke dokter secara langsung agar dapat dievaluasi lebih lanjut.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar