Sukses

Napas Terasa Sesak

20 Feb 2021, 22:21 WIB
Pria, 33 tahun.

Selamat pagi Dok. Saya mau nanya, sudah lebih kurang 5 hari ini terkadang saya merasa sesak bernafas. Tapi tidak terlalu sesak. awalnya saya yg biasa saja setiap hari menggunakan masker bedah saat bekerja, tiba-tiba merasa agak sedikit terhalang dalam bernafas jika menggunakan masker bedah. tp kalau saya gunakan masker biasa akan terasa lebih enak. saya tidak demam, tidak flu dan tidak batuk. sekarang saya lebih sering buka masker di ruangan saya karna kebetulan sedang sendiri. Kemarin telapak tangan saya sebelah kiri juga timbul bintik-bintik seperti alergi. hanya saja karena saya memang slalau menggunakan handsanitizer, jd saya anggap itu karena kontak dgn sanitzer. jadi saya abaikan. Kira-kira kenapa ya Dok?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Pak, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Sesak napas dapat menjadi salah satu gejala dari berbagai macam penyakit. Untuk itu perlu dijelaskan sifat sesak napas yang Anda alami saat ini. Sejak kapan sesak napas Anda rasakan? Apakah sesak napas dirasakan secara tiba-tiba? Apakah sesak napas dipengaruhi aktivitas atau pun posisi? Apakah sesak napas dirasakan dalam situasi lingkungan tertentu (misalnya dalam keramaian)? Apakah sesak napas dirasakan setelah makan? Atau adakah keluhan lain yang menyertai sesak napas Anda?

Dibutuhkan pemeriksaan lengkap secara langsung oleh Dokter. Sesak napas dapat disebabkan oleh gangguan dalam sistem pernapasan (hidung, tenggorokan paru-paru), gangguan yang berasal dari luar paru-paru (jantung) atau gangguan sistem pencernaan (lambung).

Tanda-tanda dari sesak napas dapat berupa :

-Peningkatan jumlah frekuensi napas (dewasa >20x/menit; anak >30x/menit; bayi>40x/menit)

-Kebiruan pada sekitar bibir, ujung-ujung jari

-Adanya suara napas tambahan seperti ngorok, serak, grok-grok, mengi.

Selain dari kelainan organik juga perlu dicari ada tidaknya gangguan psikologis, karena sesak napas juga dapat disebabkan oleh rasa cemas, panik, stres, depresi dan berbagai emosi negatif lainnya.

Jika sesak napas yang Anda rasakan semakin memberat, periksakanlah ke dokter secara langsung agar dapat dievaluasi penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang sesuai.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar