Sukses

Belum Juga Haid

20 Feb 2021, 21:40 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat Pagi dok, Saya mau Tanya. Tgl 5 desember saya minum postenor dok, 3 Hari kemudian Saya haid 4 Hari. Terus di bulan januari siklus Saya menjadi 36, dan haid 7 hari. Tapi di bulan februari Saya belum haid dok, padahal sudah seharusnya haid, Dan siklus sudah 36 Hari. Lalu, apakah Saya harus minum pil itu tadi lagi agar tidak hamil atau bagaimana ya dok agar Saya tidak hamil? Dan apa ini gangguan haid Saya? Terima kasih.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Normalnya setiap wanita akan merasakan menstruasi setiap bulannya dengan siklus normal 21-35 hari selama 2 - 7 hari. Jika lebih dari itu berarti siklus haid Anda memanjang. Berikut adalah hal-hal yang bisa menyebabkan telat haid:

1. Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama

2. Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

3. Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30

4. Malnutrisi (kurang gizi)

5. Stres psikologis

6. Atlet

7. Kekurangan vitamin K

8. Penggunaan obat-obatan tertentu

9. Kelainan pembekuan darah

10. Gangguan hormon tiroid

11. Sindrom tertentu (misalnya PCOS)

Apakah Anda sudah melakukan tes kehamilan dengan testpack? 

Penyebab haid tidak juga datang tidak hanya karena hamil, tapi bisa banyak hal seperti yang disebutkan di atas. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk mengetahui penyebab pasti keluhan Anda.

Jangan mengonsumsi obat yang tidak diberikan oleh dokter dan tanpa pengawasan dokter. Obat yang Anda sebutkan tersebut adalah obat keras yang tidak boleh dikonsumsi sembarangan. Obat tersebut merupakan obat kontrasepsi darurat, bukan obat pemancing haid. Oleh karena itu, tidak bisa dikonsumsi terus-menerus, apalagi jika tidak dalam pengawasan dokter.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar