Sukses

PCR Positif Disertai GERD dan Asma, Bagaimana Mengatasi sesak?

20 Feb 2021, 18:01 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok saya wanita umur 27 tahun yang memiliki penyakit asma dan GERD. Pagi ini hasil PCR saya keluar positif CT 33.88 tanpa gejala. Tapi sejauh ini yang saya rasakan asam lambung saya gampang naik dengan catatan asupan makan sudah dijaga. Dan dada saya sesak seperti penuh, tapi asma saya tidak kambuh hanya dada saya terasa penuh dan saya tidak batuk dan anosmia. Baiknya bagaimana yah dok saya coba ventolin inhaler saya tidak terasa efeknya. Saya ada nebulizer, apa perlu saya nebu? atau ada alternatif lainya kah? Terima Kasih

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. sebelumnya perlu saya tanyakan sudah berapa lama anda sejak anda muncul gejala atau pemeriksaan PCR? jika memang positif hasil PCR sebaiknya anda melakukan isolasi mandiri selama 14 hari jika memungkinkan. jika tidak sebaiknya isolasi di fasilitas kesehatan. untuk keluhan anda kemungkinan sesak yang dirasakan apa penyebabnya, apakah karena covid atau karena asam lambungnya. untuk dapat mengatasinya adalah mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. untuk sementara anda dapat mengkonsumsi obat lambung seperti antasida dan pantau kadar saturasi oksigen anda dengan oksimeter jika punya.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melalui PlayStore/ Android: https://www.klikdokter.com/download dan untuk App Store  https://app.adjust.com/n01yug7 kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar