Sukses

Perhitungan Usia Kandungan

20 Feb 2021, 20:45 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok saya terjahir awal haid tagal 8 november 2020 .saya menikah tanggal 15 november 2020 .dan saya positip hamil tgl 1t desmber 2020 dengan perhitungan hasil ush jalan 5 minggu. Namun hasil hitungan ini saya anggap akurat .perkiraan skrng jalan 4 bulan.tpi saya periksa lagi hari ini.detak jantung janin sudah ada dan sangat kencang.dan denhan perkiraan perhitungan bidan usia kehamilan saya sudah 5 bulan.amtra hasil usg dengan perkiran bidan nya jauh berbda dok. Ini bagaimana ya dok!!!

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Perhitungan usia kandungan yang paling umum digunakan adalah dengan perhitungan HPHT (hari pertama haid terakhir). Tapi perhitungan dengan HPHT tidaklah akurat, karena dihitung dari hari pertama haid Anda yang terakhir. Sedangkan kehamilan belum terjadi saat Anda masih haid.

Lazim adanya apabila metode perkiraan usia kehamilan dengan perhitungan hari pertama menstruasi terakhir tidak terlalu dapat diandalkan akurasinya dibandingkan dengan perhitungan dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Jadi, usia kehamilan yang menjadi patokan adalah usia kehamilan dari hasil USG dokter kebidanan Anda.

Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan dapat dilihat kondisi janin Anda jika memang terbukti terjadi kehamilan.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar