Sukses

Benjolan di Ketiak

20 Feb 2021, 19:30 WIB
Wanita, 17 tahun.

ada benjolan di ketiak kiri, tapi ada seperti nanah tapi tidak sakit

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Benjolan di ketiak paling sering disebabkan karena pembesaran kelenjar getah bening (KGB). Kelenjar ini merupakan salah satu komponen pertahanan tubuh, yang akan membesar bila ada serangan kuman dari luar, misalnya akibat adanya proses infeksi dari organ-organ disekitarnya ataupun adanya infeksi sistemik dalam tubuh. Tak hanya di ketiak, KGB juga ada dibagian tubuh lain, seperti leher, selangkangan, belakang telinga, dan sebagainya.

Jika benjolan tersebut bernanah, kemungkinan besar karena adanya infeksi dan peradangan pada kelenjar keringat. Kondisi ini ditandai dengan benjolan yang cenderung membesar, nyeri, dan bernanah. Seringkali mengenai daerah seperti ketiak, payudara, lipat paha, lipat pantat di mana banyak terdapat kelenjar keringat apokrin dan kelenjar sebasea. Selain itu dapat disebabkan infeksi bakteri dan jamur atau mencukur bulu ketiak.

Untuk memastikan penyebab timbulnya benjolan pada ketiak Anda, Kami sarankan sebaiknya Anda memeriksakan benjolan tersebut ke dokter umum atau dokter spesialis bedah untuk dievaluasi lebih lanjut.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar