Sukses

Bisul Tidak Kunjung sembuh, Ke Dokter spesialis apa?

20 Feb 2021, 18:01 WIB
Wanita, 25 tahun.

saya sudah kena bisul dan sudah berobat ke dokter umum beberapa kali dan tidak ada perubahan....rencana nya saya mau ke dokter spesialis. kira kira dokter spesialis apa untuk mengobati penyakit bisul

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. 

Bisul merupakan sekumpulan nanah yang berada di dalam suatu rongga kulit akibat infeksi kulit. Pada awalnya, kulit menjadi merah di area infeksi, lalu berkembang menjadi benjolan lunak. Setelah 4-7 hari, benjolan mulai memutih karena nanah yang terkumpul di bawah kulit.

Bisul paling sering terjadi di bagian wajah, leher, ketiak, bahu, dan bokong. Penyebab bisul bisa sampai muncul adalah karena bakteri Staphylococcus aureus yang masuk ke dalam tubuh melalui goresan luka di kulit.

Umumnya, bisul hanya muncul satu, tidak berkelompok, dan di atas permukaan kulit. Jika bisul muncul secara berkelompok, maka ini merupakan jenis infeksi yang lebih serius, yang dinamakan karbunkel. Penyebab yang paling mungkin menimbulkan bisul adalah karena bakteri Staphylococcus aureus yang masuk ke dalam tubuh melalui goresan luka di kulit. 

Sebaiknya segera ke dokter spesialis kulit jika bisul sudah seminggu tak kunjung sembuh. 

 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melalui PlayStore/ Android: https://www.klikdokter.com/download dan untuk App Store  https://app.adjust.com/n01yug7 kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

1 Komentar