Sukses

Nyeri Batu Empedu

15 Feb 2021, 20:37 WIB
Wanita, 0 tahun.

untuk mengatasi nyeri saat batu empedu kambuh, berapa dosis paracetamol yg diperbolehkan? atau apa merk obat pereda nyeri yg lain?

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan melalui Klikdokter 

 

Nyeri batu empedu timbul jika saluran empedu tersumbat oleh batu. Hal tersebut juga bisa memicu timbulnya rasa sakit perut hebat yang menjalar ke punggung atau bahu. Mual dan muntah sering kali berkaitan dengan serangan nyeri ini.

Gejala lain yang juga bisa muncul adalah demam, nyeri seluruh permukaan perut, perut terasa melilit, dan perut terasa kembung. Rasa nyeri yang hebat bisa saja berlangsung lebih dari 15 menit dan baru menghilang beberapa jam kemudian.

Timbulnya rasa nyeri seringkali berlangsung perlahan-lahan. Namun 30% kasus, rasa nyeri timbul secara tiba-tiba. Nyeri akibat batu saluran empedu biasanya menetap dan bertambah buruk sewaktu menarik nafas dalam. 

Dosis paracetamol maksimal hanya 1500 mg per hari dibagi 3 kali dalam sehari, nyeri batu empedu tidak dapat dikurangi dengan obat sejenis paracetamol diperlukan golongan obat anti nyeri yan lebih tinggi. Saran kami konsultasikan dengan dokter yang biasa merawat Anda. 

Selain itu, sebaiknya Anda juga mengubah pola makan agar lebih sehat. Namun jika rasa nyeri yang muncul –khususnya di area perut– terasa sangat hebat, maka diperlukan ada tindakan medis lebih lanjut. Apalagi jika nyeri muncul cukup sering. Kemungkinan diperlukan adanya tindakan operatif. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat 

0 Komentar

Belum ada komentar