Sukses

Urin berwarna merah

15 Feb 2021, 22:34 WIB
Pria, 22 tahun.

Siang dok, urin saya berwarna sedikit merah tua pekat, apa ada hubungannya dengan insomnia? Soalnya saya susah tidur, hampr setiap hari pukul 3 subuh baru bisa tidur

Terima kasih telah bertanya seputar urin berwarna merah melalui fitur Tanya Dokter.

Air kencing yang berwarna merah dapat disebabkan karena beberapa hal, diantaranya adalah adanya kandungan darah dalam kencing, atau kandungan kimia lain dari apa yang Anda minum atau makan (misalnya obat-obatan) yang dapat mengubah warna air kencing Anda menjadi merah.

Sudahkah melakukan pemeriksaan air kencing (urinalisis)? Jika dari hasil pemeriksaan ditemukan sel darah merah, berarti terdapat kondisi yang menyebabkan darah dapat keluar dalam kencing. Hal-hal yang dapat menyebabkan kondisi ini berupa:

  • Infeksi saluran kencing. Dalam infeksi pada umumnya terdapat demam dan nyeri saat kencing.Infeksi ginjal. Sama halnya dengan infeksi saluran kencing, infeksi pada umumnya akan disertai demam.
  • Batu ginjal atau saluran kencing. Terkadang batu ginjal atau saluran kencing dapat sangat kecil sehingga meskipun menyebabkan perlukaan tetapi tidak ada gejala nyeri sesudah batu tersebut keluar.
  • Anemia sel sabit. Anemia sel sabit pada umumnya akan terdeteksi dengan tes darah. Kondisi ini pun sifatnya herediter.
  • Trauma ginjal. Trauma berupa cedera atau kecelakaan yang mencederai ginjal dapat menyebabkan darah keluar dalam urin.
  • Obat-obatan. Obat-obatan seperti aspirin apabila dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan perlukaan lambung dan menyebabkan darah keluar dalam urin atau obat tuberkulosis.
  • Olahraga berat. Olahraga dengan intensitas berat dapat menyebabkan rhabdomiolisis dimana serabut otot mengalami stres berat sehingga menyebabkan sel darah merah keluar dalam urin.

Jika memang warna air kencing Anda benar-benar berwarna merah, sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis urologi.

Dari keluhan urin berwarna merah, biasanya memang tidak ada hubungannya dengan insomnia. Namun, segera periksakan diri Anda ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

Berikut kami sertakan artikel lain sebagai bahan bacaan anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar