Sukses

Keluar Darah setelah Biopsi

15 Feb 2021, 20:09 WIB
Wanita, 36 tahun.

dok sy mau tanya , ibu sy hbs di biopsi dan telah melakuka kemo yg pertama , trs kenapa di payudara nya keluar darah ya dok , penyebabnya apa dan sy hrs bagaimana , terima kasih

dr. Valda Garcia

Dijawab Oleh:

dr. Valda Garcia

Terima kasih Anda telah bertanya mengenai payudara mengeluarkan darah melalui fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Insidens kanker payudara pada dekade terakhir ini menunjukkan kecenderungan meningkat. Kanker ini jarang sekali ditemukan pada wanita di bawah usia 20 tahun. Angka tertinggi terdapat pada usia 45-66 tahun. Kanker payudara biasanya mengenai wanita berusia > 35 tahun. Sampai saat ini penyebabnya belum diketahui dengan pasti, namun diyakini banyak faktor yang berperan dan saling mempengaruhi satu sama lain:

Genetik, riwayat keluarga dengan keluhan samaHormon, pengobatan hormonal jangka panjangVirogen (belum terbukti pada manusia)Makanan, yang tinggi lemak dan bersifat karsinogen (pemicu kanker)Radiasi daerah dada, riwayat foto roentgen dadaStadium kanker payudara yang sering dipakai adalah berdasarkan American Joint Committee on Cancer (AJCC) dengan menggunakan sistim TNM. Stadium ini ditentukan berdasarkan jenis tumor, besar tumor, kelenjar getah bening yang terlibat, dan penyebarannya ke organ lain (Tumor, Node, Metastasis-TNM). Penentuan stadium ini penting dalam penentuan terapi yang tepat. Stadium ini ditentukan berdasarkan pemeriksaan fisik, biopsi, dan alat penunjang (USG, mamogram, MRI). 

Pengobatan kanker yang umumnya diberikan adalah :

Pembedahan atau operasiKemoterapi (dengan obat – obatan)Radioterapi (menggunakan sinar radiasi). 

Keluarnya darah dari payudara dan kaki yang membengkak bisa saja memiliki beberapa. Kondisi yang paling mungkin berkaitan adalah penyebaran. Penyebaran kanker ke kulit yang ada di atasnya atau ke saluran air susu bisa mengakibatkan keluarnya darah dari payudara atau munculnya gambaran kulit jeruk pada payudara. KAnker bisa menyebar dan mengakibatkan bengkak karena sumbatan pada jaringan limpa, umumnya mengenai tangan. Kondisi pembengkakan di kaki juga bisa berkaitan dengan adanya peradangan vena dalam karena adanya sumbatan dari darah, yang umumnya lebih kental pada pasien kanker.

Sebaiknya memang jangan menunda-nunda penatalaksanaan kanker payudara ini karena penyebarannya sangat cepat. Saya sangat menyarankan Anda untuk segera menempuh pengobatan secara medis. Berdiskusilah dengan dokter spesialis Anda mengenai terapi yang paling baik untuk Anda.

Demikian informasi mengenai keluar darah dari payudara. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar