Sukses

Kawasaki DIsease

15 Feb 2021, 19:45 WIB
Wanita, 34 tahun.

Dok, anak sy usia skg 6 th, pada mei 2019 terkena kawasaki dan telat penanganan akhirx pembuluh darah jantungx yg kanan dan kri melebar. Selama ini rutin minum aspilet dan terakhir kontol januari 2021 ini yg kanan adh normal ukrn 3mm tp yg kiri blm normal msh 6mm. Apakah bs kmbali ke ukuran normal? Apakah hrus mnum Aspilet seumur hidup? Bagaimana ra agar bs mengecil ukuran pembuluh darahnya?. Terimakasih

dr. Valda Garcia

Dijawab Oleh:

dr. Valda Garcia

Terima kasih telah menanyakan tentang penyakit Kawasaki melalui fitur Tanya Dokter.

Penyakit Kawasaki (Sindroma Kelenjar Getah Bening Mukokutaneus, Poliarteritis Infantil) adalah suatu penyakit non-spesifik, tanpa agen infeksius tertentu, yang menyerang selaput lendir, kelenjar getah bening, lapisan pembuluh darah dan jantung. Penyebabnya sampai saat ini tidak diketahui namun banyak pihak yang mencurigai mengenai agen infeksius. Selain itu juga dipercaya bahwa beberapa faktor (virus, stafilokokus) dapat memicu aktivitas imunitas pada pasien dengan kawasaki.

Terapi yang dilakukan saat ini adalah pencegahan terhadap gangguan jantung yang merupakan komplikasi dari kawasaki. Sayangnya, hingga saat ini terapi yang bisa dilakukan adalah dengan immunoglobulin intravena yang harganya memang sangat mahal.

Demikian penjelasan tentang penyakit Kawasaki. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar