Sukses

Belum Haid Setelah Lepas KB Implant

15 Feb 2021, 19:04 WIB
Wanita, 34 tahun.

Selamat sore dok. Mau tanya. Saya lepas implan bulan november 2020. Waktu itu saya langsung pasang lagi. Nah sampai sekarang bulan januari belum haid juga. Waktu lepas implan kemarin belum haid juga selama 2 bulan (mulai september sdh tidak haid). Kira-kira aman aja ya dok?

Terima kasih telah bertanya seputar Belum Haid Setelah Lepas KB Implan menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Alat kontrasepsi bawah kulit atau dikenal juga dengan istilah implant progestin umumnya berupa kapsul plastik, tipis, fleksibel, yang mengandung 36mg levonorgestrel yang dimasukkan ke dalam kulit lengan wanita. Setelah diberi obat bius, dibuat sayatan dan dengan bantuan jarum dimasukkan kapsul implan. Tidak perlu dilakukan penjahitan.

Gangguan siklus menstruasi memang merupakan salah satu efek samping dari kontrasepsi implan. Hal ini umumnya terjadi pada bulan pertama pemakaian dan berlangsung selama 3-12 bulan. Setelah 1 tahun, sekitar 1/3 dari wanita yang menggunakan implant tidak mengalami siklus menstruasi sama sekali. Hal tersebut bukanlah sebuah kondisi berbahaya dan biasa terjadi pasca pemasangan KB implan, karena tubuh mengalami penyesuaian hormon efek dari implan tersebut.

Setelah lepas KB implan, tubuh anda perlu beradaptasi terhadap perubahan kadar hormon agar dapat kembali pada keadaan sebelum anda menggunakan implan. Biasanya dibutuhkan waktu 1-3 bulan agar kesuburan dapat kembali. Namun demikian, lama waktu yang dibutuhkan untuk mengembalikan kesuburan juga tergantung pada jenis impan yang anda gunakan. Setalah kadar hormonal anda stabil kembali, kesuburan anda akan kembali ditandai dengan kembali teraturnya siklus menstruasi.

Jika dalam beberapa bulan ke depan menstruasi anda tidak teratur setelah melepas KB implan, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Belum Haid Setelah Lepas KB Implan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar