Sukses

Penyebab Beruntusan di Wajah

15 Feb 2021, 09:24 WIB
Wanita, 15 tahun.

permisi dokter, saya kan masih anak anak , nah beberapa hari ini ada yang saya alami, di sekitar wajah saya itu ada banyak bruntusan dan bruntusan itu tiba saat pergantian cuaca kemarin, tidak merasa gatal dan juga saya tidak memiliki alergi apapun. di pipi sedikit agak merah, bruntusan ini bukan yang bruntusan akibat jerawat atau yang lain dok. dan bruntusan ini lebih banyak ke arah sekitar kelopak mata. banyak banget juga di daerah dahi dan pipi, ini kenapa ya dok kalo boleh tau.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Bintil putih kekuningan di bawah mata, hidung, pipi, kelopak mata, dahi dan dada atau bagian lain pada tubuh dalam dunia kedokteran disebut sebagai milia. Kondisi ini sangat umum ditemukan pada semua orang dari segala kelompok usia, termasuk bayi yang baru lahir. Milia terbentuk karena keratin di bawah lapisan kulit tidak mengelupas secara sempurna, namun malah menggumpal di dalam. Pada bayi, milia akan menghilang secara spontan tanpa terapi apapun. Sementara pada dewasa, apabila tidak kunjung hilang atau mereda, beberapa pilihan terapi dapat dilakukan.

Milia dapat dihilangkan dengan teknik ekstraksi menggunakan jarum steril. Kendati mudah, namun kami tidak menyarankan untuk memencet atau mengeluarkan milia secara mandiri tanpa pengawasan Dokter atau tenaga medis terlatih karena tindakan tersebut dapat menyebabkan infeksi, menimbulkan bekas luka dan merusak jaringan kulit sekitar.

Beberapa tata laksana yang hanya dapat dilakukan oleh Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin untuk mengatasi milia adalah sebagai berikut:

Cryotherapy (bedah beku).Terapi laserMikrodermabrasi (prosedur untuk menghilangkan lapisan atas kulit secara mekanis)Chemical peeling (prosedur untuk menghilankan lapisan atas kulit menggunakan cairan kimia)Pemberian isotretinoin atau tretinoin dan atau tablet antibiotik minocycline.Kami sarankan Anda untuk konsultasi ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin agar mendapatkan pemeriksaan secara menyeluruh sehingga tata laksana yang paling sesuai dengan kondisi dapat diberikan.

Demikian, semoga penjelasan ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar