Sukses

Nyeri Dada dan Rheumatoid Artritis

15 Feb 2021, 09:29 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok, saya mengalami nyeri di dada disertai susah napas yang sudah berlangsung selama kurang lebih 8 hari. Saya pengidap rheumatoid athritis. Nyeri dada yg saya rasakan apa berhubungan dengan RA saya? Kalau tidak, apa penyebab nyeri dada yang rasa rasakan ini?

Terima kasih telah bertanya seputar rheumatoid artritis dan nyeri dada melalui Tanya Dokter.

Artritis Reumatoid (AR) salah satu dari beberapa penyakit rematik adalah suatu penyakit otoimun sistemik yang menyebabkan peradangan pada sendi. Dengan berjalannya waktu, dapat terjadi erosi tulang, destruksi (kehancuran) rawan sendi dan kerusakan total sendi.

Keluhannya terutama berupa kaku pada pagi hari yang dapat bertahan sampai 30 menit dan kemudian menghilang, bengkak, nyeri bila ditekan, kulit kemerahan, demam. Penyakit ini paling sering menyerang sendi-sendi kecil.

Nyeri dada Anda kemungkinan tidak berhubungan secara langsung dengan penyakut RA yang Anda milik. Nyeri dada bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab, bisa dari otot atau tulang, jantung, paru-paru, saluran pencernaan, atau bisa pula karena masalah psikologis.

Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.

Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak. TBC justru lebih sering ditandai dengan batuk yang lama, disertai demam, penurunan berat badan, dan keringat malam.

Nyeri karena saluran pencernaan di daerah dada biasa berhubungan dengan organ lambung (maag) atau esofagus (kerongkongan). Bisa juga menimbulkan rasa asam atau pahit di mulut, dan nyeri ulu hati. Nyeri ini dapat berkurang dengan pemberian obat lambung atau maag.

Nyeri dada bisa juga disebabkan oleh masalah psikologis, tetapi ini baru dipikirkan bila masalah-masalah lain sudah bisa disingkirkan.

Akan tetapi Untuk mengetahui penyebab dari nyeri dada yang anda rasakan selain dari anamnesa juga diperlukan pemeriksaan fisik dan penunjang oleh karena itu kami sarankan anda memeriksakan diri ke dokter bila keluhan dirasa sangat mengganggu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar