Sukses

Patah Tulang dan Urut Tradisional

15 Feb 2021, 09:29 WIB
Pria, 27 tahun.

Halo dok, saya mau tanya. Bertahun tahun yg lalu saya kecelakaan. Paha kiri saya patah. Karena orang tua gak sanggup biayai ke rumah sakit ( waktu itu belum ada BPJS ), akhirnya saya hanya berobat tradisional. Saya bisa berjalan tapi jadi pincang. Selama bertahun tahun tidak ada kendala. Saya tidak merasa kesakitan. Tapi seminggu terakhir mendadak kaki kiri saya ngilu terus seharian penuh. Kalau baru berdiri ( baik itu habis duduk di kursi, bangun tidur atau lesehan di lantai, saya tidak bisa langsung berjalan dok. Klo langsung melangkah rasanya seperti mau patah. Saya harus berdiri diam dulu selama lebih 10 menit. Selain itu saya gak bisa lagi jalan ke tempat yg jauh. Baru jalan 50 meter udah gak tahan. Kira kira itu kenapa ya dok? Kalau semisal saya ke rumah sakit apakah bisa pake BPJS? secara kaki saya itu kan sudah bertahun tahun yg lalu. Terima kasih sebelumnya dok.

Terima kasih telah bertanya seputar patah tulang dan urut tradisional melalui Tanya Dokter.

Normalnya tulang yang patah dapat menyambung kembali asalkan alignment/kelurusannya sesuai dengan posisi anatomis (normal) tubuh manusia. Proses untuk pemperbaiki alignment ini dapat dilakukans ecara terbuka maupun tertutup, dengan atau tanpa melalui operasi.

Apabila ditangani oleh tenaga medis yang kompeten seharusnya hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. Selain itu penanganan yang diberikan sudah diuji dan dapat dipertanggung jawabkan.

Tindakan pertama yang anda lakukan memang kurang tepat. Kondisi tulang yang patah sebaiknya segera dibawa ke dokter ortopedi atau dokter umum. Penanganan yang diberikan oleh tukang urut tidak dapat dipertanggung jawabkan dan berisiko terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Risikonya adalah sudut patahan bertambah, patahan tidak menyambung, sindroma kompartemen, dan menyambung dengan tidak sempurna.

Saat ini, kami sarankan anda berkonsultasi dengan dokter spesialis ortopedi untuk pemeriksaan dan penanganan yang tepat. Diperlukan pemeriksana penunjang seperti foto rontgen untuk mencari tahu penyebab keluhan yang saat ini Anda alami. Untuk biaya, sebaiknya ditanyakan langsung ke bagian penjaminan di pelayanan yang Anda pilih. Untuk dapat ditanggung BPJS, keluhan harus diperiksakan mulai dari fasilitas kesehatan pratama seperti Puskesmas dan kemudian dirujuk berjenjang.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar