Sukses

Sudah Minum Obat Kolesterol Namun Masih Pegal

15 Feb 2021, 09:00 WIB
Pria, 44 tahun.

saya konsumsi simvstatin 10mg sudah seminggu (dg resep dokter). dari kolesterol 300 sekarang menjadi 200. tapi kenapa pegal/sakit di pundak masih terasa? apakah ini efek simvastatin?

Terima kasih telah bertanya seputar kolesterol dan rasa pegal melalui Tanya Dokter.

Angka kadar kolesterol 200 mg/dL ke atas masih termasuk dalam ambang batas tinggi. Hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengubah pola hidup: memakan makanan dengan zat gizi seimbang (jangan mengonsumsi lemak berlebihan), rajin berolah raga atau meningkatkan aktivitas fisik Anda sehari-hari di rumah/kantor, banyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran. Kurangi makanan fast food/ junk food/ gorengan.

Bila perlu, dapat diberikan obat kolesterol dan lemak. Contoh obat penurun kolesterol adalah simvastatin, atorvastatin, dan robuvastatin. Contoh obat penyerap lemak adalah orlistat. Namun pemakaian keduanya harus dengan pemantauan dokter karena tentunya memiliki efek samping dan bila pemakaian tidak terkontrol maka akan memberikan efek yang tidak diharapkan.

Dalam batas tertentu kolesterol berguna dalam tubuh untuk membentuk beberapa jenis hormon. Oleh sebab itu kolesterol tidak dapat dihilangkan sama sekali dari tubuh. Yang perlu dilakukan adalah mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga selalu dalam batas normal.

Anda dapat melakukan perubahan pola hidup seperti di atas selama 3 bulan lalu lakukan evaluasi kembali. Bila setelah 3 bulan kolesterol tetap tinggi, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam karena kemungkinan Anda harus menyesuaikan obat penurun kolesterol yang dikonsumsi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar