Sukses

Gangguan Pencernaan Anak

15 Feb 2021, 00:38 WIB
Pria, 40 tahun.

Dok saya mau tanya, sudah hampir 3 minggu ini anak saya mengalami sakit perut yang hilang timbul-hilang timbul (kadang2 perutnya kembung kadang tidak) tapi tidak disertai demam hanya BAB nya saja yg tidak lancar lkadang 2 sampai 4 hari baru BAB. Sudah 4 org dokter sp. Anak saya konsultasi dengan berbagai diagnosa dr msng2 dokter, ada yang mengatakan infeksi lambung, ada yg mengatakan masalah pencernaan dan sebagainya. Yang saya bingung, mengapa setiap resep obat yang di berikan dari semua dokter sifatnya hampir sama, habis setiap di konsumsi oleh anak saya perutnya selalu sakit kadang sampai anak saya tidak bisa tidur malam setelah mengkonsumsi obat tersebut. Jd saya ambil inisiatif utk tidak mengkonsumsinya lagi. Jd klo menurut dokter tindakan apa yang saya lakukan untuk mengetahui diagnosa penyakit perut anak saya. Terima kasih dok

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Halo Bapak,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Bapak rasakan.

Kami mengerti benar tentunya Anda merasa tidak tega menyebabkan keluhan tambahan pada anak akibat penggunaan obat. Sayangnya, perlu dipelajari lebih lanjut apakah tambahan nyeri perut dan sulit tidur itu benar-benar diakibatkan obat atau bukan. Sayangnya Anda tidak menyebutkan nama obatnya agar dapat kami beritahukan apa benar efek sampingnya seperti itu.

Sayangnya kami tidak dapat mendiagnosis kondisi yang terjadi pada anak Anda dengan data yang terlalu sedikit. Apakah ada keluhan seperti muntah? Dimana tepatnya lokasi nyeri perut tersebut? Apakah ada perubahan warna pada feses?

Kami sarankan agar Anda mengonsultasikan kembali 'efek samping' yang anak Anda rasakan tersebut pada dokter yang memberi obat. Dengan begitu, dokter akan memberitahukan apakah benar efek sampingnya seperti itu dan bila perlu mengganti obat untuk anak Anda. Sebaiknya tidak bertukar dokter terlalu cepat agar pengobatan bisa tuntas. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Bapak dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun.

Semoga Bapak sehat selalu.

 

0 Komentar

Belum ada komentar